Mengenal Fungsi dari Motherboard Komputer, Serta Komponen dan Cara Merawatnya
Ilutrasi fungsi dari motherboard (Unsplash/@@spiridonov)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Motherboard adalah salah satu komponen utama dalam sebuah komputer. Namun masih banyak yang belum tahu terkait fungsi dari motherboard. Apalagi bagi anda yang tidak pernah bersentuhan atau bekerja di bidang teknologi komputer. 

Motherboard memiliki fungsi yang sangat penting dalam komputer. Motherboard berbentuk papan sirkuti yang menjadi penghubung semua komponen pada komputer. Motherboard menjadi tempat terhubungnya semua komponen sehingga komputer bisa beroperasi. 

Fungsi dari Motherboard Komputer

Motherboard memiliki beberapa fungsi untuk pengoperasian komputer. Berikuti ini fungsi dari motherboard.

  • Motherboard berfungsi sebagai pusat komunikasi ke seluruh komponen komputer yang terhubung langsung maupun tidak langsung. Motherboard membantu mengirimkan semua lalu lintas data untuk semua bagian komputer sesuai kebutuhan mereka.
  • Motherboard memungkinkan menghubungkan berbagai komponen komputer secara langsung atau tidak langsung. Ada beberapa periferal seperti printer, keyboard, jack audio, hard drive dan mouse. Yaitu menghubungkan langsung ke motherboard melalui berbagai port, soket, dan konektor.
  • Motherboard menyediakan tata letak ideal atau terbaik karena semua komponen pemrosesan penting komputer (Central Processing Unit (CPU), memori sistem (RAM) dan kartu grafis) tertanam di motherboard, dan motherboard membuat antarmuka di antara semua komponen. Ini dikenal sebagai Hub Komponen.
  • ROM (Read Only Memory) terpasang pada motherboard. ROM harus menyimpan preprogram yang dikenal sebagai BIOS (Basic Input / Output System), dan BIOS menyediakan bantuan untuk proses booting saat menyalakan komputer Anda.
  • Motherboad memiliki papan sirkuit, dan pada papan sirkuit dirancang jalur yang berbeda yang dikenal sebagai bus. Jalur tersebut membantu untuk mentransfer data ke semua komponen komputer.
  • Motherboard berhasil mengedarkan daya untuk bagian-bagian komputer sesuai kebutuhan mereka.

Bagian-bagian dalam Motherboard

Motherboard komputer memiliki beberapa bagian-bagian dengan fungsinya masing-masing, Berikut ini komponen-komponen dalam motherboard.

Konektor PS/2

Konektor ini digunakan untuk berbagai perangkat seperti mouse dan keyboard.

Konektor USB

konektor ini biasanya digunakan untuk komputer pribadi. Konektor ini digunakan untuk menghubungkan keyboard, printer, kamera, dan lainnya.

Port Paralel

Port Paralel digunakan untuk pasangan kabel, serta mengirim dan menerima data secara bersamaan.

Soket CPU

Soket CPU berfungsi untuk memasang berbagai prosesor pada motherboard.

Chip CPU

Chip CPU bekerja sebagai “otak komputer” untuk melakukan semua aktivasi yang berhubungan dengan logika.

Slot Ram

Slot RAM digunakan untuk menghubungkan RAM pada motherboard.

Kontroler Floppy

Kontroler Floppy membantu seluruh kontrol atas floppy drive. 

Pengontrol IDE: Kontroler ide berfungsi untuk mengontrol semua aktivitas hard drive bersama dengan kabel pita 40-pin

Slot PCI

Slot PCI dapat dihubungkan papan ekspansi di PC Anda, dan memungkinkan menghubungkan perangkat tambahan seperti kartu jaringan, kartu suara, modem, kartu video.

Bagian-bagian lain dalam motherboard, di antaranya slot ISA, tombol depan, baterai CMOS, slot AGP, slot CPU, colokan satu daya, sakelar & jumper, heat sink, coil, RAID, kapasitor.

Merawat Motherboard Komputer

Motherboard perlu mendapatkan perawatan agar bisa tahan lama atau awet. Motherboard yang selalu terjaga dengan baik bisa bertahan lebih lama dibandingkan komponen lainnya dalam komputer. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan motherbard mudah rusak atau tidak tahan lama. Beriktu beberapa hal yang pelru anda hindari agar motherboard anda selalu memiliki kinerja yang optimal. 

  • Kondisi panas tinggi pada komputer bisa merusak motherboard. Biasanya komputer menjadi panas karena sistem pendingin dan kipas yang tidak support.
  • Benturan pada komputer juga bisa merusak motherboard. Misalnya ketika komputer jatuh, terkena lemparan, dan benturan lainnya. 
  • Kerusakan listrik juga mempengaruhi motherboard. Misalnya karena konsleting atau penggunaan daya yang salah.
  • Koneksi atau jenis konektor yang salah juga dapat merusak motherboard.

Jika Anda membeli komputer dari produsen terkemuka, perlakukan perangkat Anda dengan baik, dan hanya gunakan aksesori dan perangkat daya yang disetujui, kemungkinan Anda tidak akan mengalami masalah ini.

Itulah fungsi dari motherboard komputer. Dalam motherboard terdapat bagian-bagian atau komponen yang memiliki fungsi masing-masing dalam pengoperasian komputer. Anda perlu melakukan perawatan motherboard komputer secara berkala. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.