Netflix Kerja Sama dengan BARB Untuk Menampilkan Jumlah Penonton di Platformnya
Mulai bulan November BARB akan tampikan jumlah tayangan film dan serial Netflix (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah sekian lama Netflix menyembunyikan jumlah penonton di platformnya, kini aplikasi streaming film itu bekerja sama dengan Broadcaster Audience Research Board (BARB), lembaga pemeringkat TV di Inggris. 

Mulai bulan November nanti, BARB akan mengukur jumlah harian penonton Netflix serta melaporkan jangkauan bulanan dan total penayangan yang teridentifikasi. 

"Untuk penayangan mulai 1 November, BARB akan melaporkan penayangan Netflix setiap hari di tingkat layanan dan program kepada kliennya," tulis BARB dalam pengumuman yang ditemukan oleh TechCrunch

Kemudian, data penayangan Netflix akan tersedia untuk semua klien BARB pada pagi harinya di tanggal 2 November melalui perangkat lunak analisis penayangan dan biro pemrosesan data yang ada.

Menurut organisasi, ini akan memperkuat peringkat BARB sebagai rekor paling komprehensif dan representatif dari acara yang paling banyak ditonton di Inggris.

"Kembali pada tahun 2019, di konferensi RTS di Cambridge, saya menyambut baik gagasan bahwa penonton Netflix diukur secara independen," kata Reed Hastings, Co-CEO Netflix. 

Hastings menambahkan, sejak saat itu perusahaan terus berhubungan dengan BARB dan akhirnya membuat komitmen terhadap pengukuran terpercaya tentang cara orang menonton televisi di Inggris.

"Pengukuran audiens kami terus beradaptasi untuk mengakomodasi platform dan perangkat baru yang digunakan oleh orang-orang untuk menonton acara televisi favorit mereka. Kami mengambil langkah maju yang besar tahun lalu ketika kami mulai melaporkan pemirsa ke layanan streaming," ujar Justin Sampson, Kepala Eksekutif BARB. 

Sampson menyampaikan bahwa komitmen Netflix untuk BARB mengirimkan sinyal yang jelas bahwa apa yang mereka lakukan berharga bagi pemain baru dan mapan di pasar.