<i>Gamer</i> Kini Bisa Bikin Profil Mereka di Netflix
Netflix merilis fitur profil gamer pengguna bergaya gamertag. (foto: dok. netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah mengatakan rencananya untuk membangun studio gim sendiri, kini Netflix merilis fitur profil gamer pengguna bergaya gamertag.

Dengan profil gamer ini, pengguna bisa membuat username unik sesuai keinginan mereka untuk publik dan dapat digunakan di semua permainan dalam layanan Netflix.

Netflix kali mulai meluncurkan fitur profil yang akan ditampilkan di gim multiplayer dan daftar peringkat (leaderboard) pada beberapa gim bulan lalu.

Namun menurut keterangan resmi, sekarang pengguna dapat mengatur profil mereka sendiri di perangkat iOS dan Android. Meski begitu, proses pembuatan username berbeda tergantung pada sistem operasi yang digunakan pengguna.

Bagi pengguna Android, pembuatan profil berada di tab gim di bilah navigasi Netflix, pengguna bisa mengklik spanduk yang bertuliskan "Create your Netflix game handle".

Sementara pada versi iOS, ia tidak memiliki tab gim khusus, jadi pengguna harus mengunduh gim terlebih dahulu seperti Rival Pirates atau Lucky Luna kemudian ikuti petunjuknya.

Melansir The Verge, Kamis, 29 September, proses pembuatan profil di iOS cukup sederhana, yakni buka gim yang telah diunduh, kemudian pilih profil Netflix dan ketik username yang diinginkan dengan maksimal 16 karakter. lalu klik Let's Play.

Netflix bukan satu-satunya yang memiliki fitur profil bergaya gamertag, ada pun lebih dahulu Xbox, Steam, Google Play Games dan Game Center di perangkat Apple.

Hadirnya fitur profil ini menandakan Netflix semakin serius di dunia gim, terlebih perusahaan ini dengan cepat menambah koleksi gim seluler yang tersedia untuk pelanggan seperti gim strategi indie hit Into the Breach dan versi khusus Heads Up!.

Perusahaan juga telah mengakuisisi beberapa studio gim, termasuk pengembang Oxenfree belum lama ini.