YouTube Tarik Pengguna untuk Langganan Premium dengan Hadirkan Video Resolusi 4K
YouTube kini menghadirkan penawaran menonton video dalam resolusi 4K (foto: Omar Al-Ghosson / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Agar penggunanya tertarik untuk berlangganan Premium, YouTube kini menghadirkan penawaran menonton video dalam resolusi 4K pada layanan tersebut.

Sekarang, YouTube Premium tidak hanya sekadar membuang iklan, memutar di latar belakang dan mencoba berbagai fitur baru, tetapi perusahaan meminta beberapa pelanggan untuk berlangganan Premium guna mendapatkan kualitas video dalam resolusi 4K.

Menurut laporan MacRumors, Selasa, 4 Oktober, selama akhir pekan, pengguna di Reddit dan Twitter mengatakan YouTube telah meminta mereka meningkatkan ke tingkat premium untuk menonton video dalam 4K.

Belum jelas pengguna di negara mana yang kedapatan permintaan tersebut, tetapi ini cukup menarik jika pengguna berharap bisa menonton dengan resolusi yang lebih baik dari 1440p pada komputer maupun tablet mereka.

Belum diketahui pasti juga apakah YouTube sedang menguji coba fitur ini atau sudah melakukan peluncuran yang lebih luas.

Keputusan YouTube ini tak terlalu mengagetkan, mengingat perusahaan sebelumnya mengklaim telah memiliki 50 juta pelanggan Premium dan Musik pada September lalu.

Namun, angka tersebut tidak sebanding dengan layanan streaming seperti Spotify Premium yang memiliki 188 juta pengguna pada kuartal kedua dan Netflix sebanyak 220,7 juta.

Perusahaan telah mencoba berbagai metode untuk mengubah pengguna gratis menjadi pengguna berbayar. Salah satu yang paling terkenal adalah menampilkan hingga 11 iklan yang tidak dapat dilewati sebelum dimulainya video panjang agar mereka memiliki pengalaman tanpa gangguan.

Dengan menghadirkan resolusi video baru ini, dikatakan Engadget, YouTube diklaim akan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang mendaftar dan menjadikannya sumber pendapatan yang lebih besar bagi Google.