YouTube Luncurkan Fitur Populer TikTok, Untuk Kreator dapat Menambahkan Voice Over ke Shorts
YouTube luncurkan fitur voice over Shorts ke pengguna iOS (foto: YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube terus menunjukkan ambisinya untuk bersaing dengan TikTok. Itu terbukti karena belakangan ini YouTube terus meluncurkan fitur-fitur baru yang populer di aplikasi tersebut. 

Kali ini, YouTube meluncurkan fitur baru yang memungkinkan kreator untuk menambahkan voice over ke dalam Shorts. 

"Kini Anda dapat menggunakan fitur sulih suara untuk menceritakan Shorts Anda," tulis Manajer Komunitas YouTube, Meghan, di blog Support Google. 

Voice over ini berfungsi untuk menambahkan narasi untuk kreator dapat menceritakan secara langsung tentang konten yang akan diunggah. 

"Tambahkan lapisan ekspresi kreatif lainnya (Instruksi, penjelasan, reaksi, komentar lucu, atau bahkan menambahkan suara baru Anda sendiri) ke Shorts Anda dengan menceritakan apa yang terjadi di konten Anda," jelas Meghan lebih lanjut. 

Untuk menambahkan voice over ke Shorts Anda setelah merekam konten, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Ketuk tombol tanda centang di kanan bawah layar kamera. 
  • Ketuk tombol voice over
  • Pindahkan playhead (garis putih vertikal pada strip film video) ke tempat yang Anda inginkan untuk memulai voice over. 
  • Tekan tombol rekam merah untuk mulai merekam dan ketuk lagi untuk berhenti merekam atau Anda juga dapat menahan tombol rekam saat merekam dan angkat untuk berhenti merekam. 
  • Ketuk tombol batalkan jika Anda ingin menghapus rekaman voice over Anda, atau ketuk tombol ulangi untuk menambahkannya kembali. 
  • Gunakan panel volume untuk menyesuaikan level audio di seluruh musik, audio video asli Anda, dan voice over. 

Fitur voice over untuk Shorts yang baru ini akan mulai diluncurkan di iOS hari ini. YouTube tidak mengatakan apakah fitur ini akan diluncurkan juga untuk pengguna Android atau tidak. Mari tunggu informasi selanjutnya.