Bagikan:

JAKARTA – Meski dikenal sebagai platform long-form atau video dengan format panjang, YouTube terus mendorong penggunaan YouTube Shorts. Salah satu upaya YouTube adalah meluncurkan beberapa fitur baru.

Ada lima fitur yang akan YouTube tambahkan ke dalam Shorts dalam waktu dekat, di antaranya tata letak otomatis, Text to Speech, stiker Tambahkan Milik Anda, teks otomatis yang bergaya, dan alat remix terbaru.

Tata letak otomatis merupakan fitur yang dapat membantu para kreator konten dalam mengubah video berformat panjang menjadi berformat pendek. Saat ditambahkan ke dalam Shorts, YouTube akan menggeser, memperbesar, dan memotong video secara otomatis.

Text to Speech merupakan fitur yang hampir mirip dengan video di TikTok. Para pembuat konten bisa menambahkan narasi yang diucapkan dengan memasukkan video, menambahkan teks, lalu ketuk ikon Tambahkan Suara di pojok kiri atas.

Shorts akan menampilkan empat opsi suara dan pengguna bisa memilih salah satunya. Berikutnya, ada stiker Tambahkan Milik Anda seperti di Instagram. Ketika melihat stiker tersebut di Shorts orang lain, pengguna bisa mengeklik stikernya dan menambahkan video yang diinginkan.

Untuk memudahkan kreator konten di Shorts, YouTube menambahkan fitur pembuatan teks secara otomatis sehingga video bisa terlihat lebih menarik atau interaktif. Meski teks akan dibuat secara otomatis, kreator bisa mengedit dan menyesuaikan gaya bahasanya.

Shorts telah meluncurkan beberapa alat remix pada awal tahun ini dan YouTube akan meluncurkan alat untuk me-remix sebuah remix. Sederhananya, fitur ini bisa membuat Anda berkolaborasi dan menciptakan video tanpa henti.

Misalnya, ketika Anda melihat video yang sudah dikolaborasi oleh kreator lain, Anda masih bisa menekan tombol collab untuk membuat videonya lebih menarik. Fitur ini mirip seperti Stitch di TikTok yang bisa membuat pengguna berkolaborasi dalam satu frame.