Sederet Fitur Baru YouTube, Khususnya Shorts yang Bisa Hasilkan <i>Cuan</i> Lebih
Fitur baru Youtube bisa hasilkan uang lebih banyak. (foto: dok. youtube)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube kembali menarik minat konten kreator untuk menghasilkan cuan di platformnya, dan menghadirkan beberapa fitur anyar untuk Shorts, pesaing TikTok.

Chief Product Officer YouTube, Neal Mohan, dalam blog resmi perusahaan menjabarkan fitur apa saja yang akan mulai diluncurkan tahun ini. Adapun Shorts, yang akan meluncurkan efek video baru, kemampuan mengedit, dan kemampuan untuk membalas komentar dengan membuat Shorts, seperti yang dilakukan konten kreator di TikTok.

Selain itu, kini di YouTube Shorts konten kreator juga akan dapat mendulang cuan lewat fitur monetisasi pada konten bermerek, menghadirkan Super Chat ke Shorts, dan memungkinkan kemampuan untuk berbelanja dari Shorts.

Fitur shopping akan diperluas di seluruh aplikasi. Google juga mengeksplorasi cara lain untuk memasukkan fitur belanja ke dalam pengalaman YouTube.

Lebih lanjut, beberapa wawasan baru akan ditambahkan ke YouTube Studio yang menurut perusahaan dapat membantu konten kreator memahami bagaimana pemirsa berinteraksi pada video yang dibuat konten kreator dan membantu memicu ide untuk video baru.

"Untuk mengatasi kebutuhan ini, kami akan memperkenalkan insight baru di YouTube Studio yang memberdayakan kreasi yang lebih cerdas. Alat kami akan memanfaatkan set data YouTube dan Google dan memungkinkan pembuat konten untuk lebih memahami permintaan pemirsa, membantu menghasilkan ide konten konkret untuk video mendatang," ujar Mohan.

Untuk fitur Live, YouTube menghadirkan kemampuan konten kreator untuk melakukan siaran langsung bersama, guna meningkatkan interaktivitas dan mengatasi masalah kekurangan bahan yang akan disampaikan kepada penonton.

Melansir The Verge, Jumat, 11 Februari, di sisi pengguna, YouTube berencana membawa fitur Twitch yang populer, yakni keanggotaan berbakat. YouTube sudah mulai menguji fitur ini, tetapi Mohan menyatakan akan memperluas kemampuannya dalam beberapa bulan mendatang.

Selanjutnya, saling terintegrasi. Di mana memungkinkan pengguna berinteraksi di ponsel dengan video yang mereka tonton di TV. Ini akan berfungsi ketika pengguna masuk ke akun yang sama di kedua perangkat dan akan memungkinkan pemirsa untuk membaca atau menulis komentar dan berbagi video dari perangkat seluler mereka.

Terakhir, YouTube TV juga akan mendapatkan desain ulang tahun ini yang menurut Mohan akan meningkatkan tampilan dan nuansa, dan memungkinkan pengguna mengatur tontonan favorit dengan lebih mudah.