Bagikan:

JAKARTA – Google memperbarui halaman pengujian fitur YouTube pada Senin, 3 Juni lalu. Di halaman tersebut, Google menjelaskan bahwa YouTube sedang menguji fitur untuk membuat latar belakang, yaitu Dream Screen.

Google menjelaskan bahwa fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) ini ditambahkan ke dalam YouTube Shorts, format khusus video vertikal dari YouTube. Dengan adanya fitur ini, kreator konten bisa menggunakan layar hijau sebagai latar belakang.

Latar belakang berwarna hijau ini bisa diganti dengan latar belakang lainnya menggunakan bantuan AI. Menurut penjelasan Google, pembuat konten hanya perlu mengetikkan ide mereka ke dalam alat buatan Google, lalu latar belakangnya akan berubah.

Tidak diketahui pasti seperti apa latar belakang yang bisa dihasilkan oleh AI buatan Google. Namun, mengutip dari Android Police, sepertinya alat penghasil latar belakang ini dapat menciptakan gambar, animasi statis, hingga video.

Untuk saat ini, fitur eksperimen Dream Screen baru diluncurkan ke beberapa kreator konten di YouTube Shorts. Google berencana memperluas fitur ini ke lebih banyak pembuat konten pada akhir tahun.

Cara Menggunakan Fitur Dream Screen

Fitur Dream Screen atau alat eksperimental berbasis AI untuk mengganti latar belakang hanya bisa digunakan dengan perintah berbahasa Inggris. Berikut ini cara menggunakan fiturnya.

  1. Buka aplikasi YouTube dan ketuk tombol Buat dengan ikon tambah.
  2. Ketuk layar hijau di sebelah kanan layar, lalu ketuk tombol buat gambar atau video.
  3. Jelaskan konten yang diinginkan dan ketuk Buat Pratinjau.
  4. Pilih dan posting format yang diinginkan, seperti foto atau video.
  5. Setelah latar belakang foto atau video dihasilkan dengan latar belakang, tambahkan detail ke dalam video.
  6. Ketuk Unggah Video Pendek.