Bagikan:

JAKARTA - Hitachi Ltd. dan Microsoft Corp. mengumumkan proyeksi kolaborasi bernilai miliaran dolar selama tiga tahun ke depan yang akan mempercepat inovasi sosial dengan AI generatif. 

Secara khusus, Hitachi akan menanamkan cloud Microsoft, Azure Open AI Service, Dynamics 365, Copilot untuk Microsoft 365 dan GitHub Copilot ke dalam solusi Lumada guna memberikan solusi inovatif bagi energi, mobilitas, dan industri lainnya guna memberikan hasil yang lebih baik bagi bisnis dan masyarakat. 

Selain itu, kedua perusahaan akan mempromosikan proyek-proyek bersama untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang mendesak seperti memperkuat layanan cloud, meningkatkan keamanan, dan memitigasi dampak lingkungan dari pusat data, yang telah menjadi area fokus yang semakin meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan AI generatif.

“Hitachi dan Microsoft telah mengerjakan berbagai proyek kreasi bersama termasuk pengembangan solusi digital generasi mendatang untuk bidang manufaktur dan logistik dan pengembangan metaverse yang diperluas di lapangan yang berjalan di Microsoft Teams,” kata Keiji Kojima, presiden dan CEO Hitachi. 

Dengan perjanjian baru ini, Kojima menambahkan, Hitachi bersemangat untuk lebih mempercepat inovasi sosial dengan memperluas upayanya ke bidang infrastruktur sosial seperti energi dan mobilitas, dan dengan menerapkan AI generatif, untuk meningkatkan produktivitas pekerja. 

“Kemitraan kami yang diperluas dengan Hitachi akan menyatukan kekuatan Microsoft Cloud termasuk Microsoft Copilot dengan keahlian industri Hitachi untuk meningkatkan produktivitas 270.000 karyawan Hitachi dan membantu mengatasi tantangan terbesar pelanggan, termasuk keberlanjutan,” ujar Satya Nadella, ketua dan CEO, Microsoft.