Bagikan:

JAKARTA – Hitachi Vantara, anak perusahaan Hitachi Ltd., meluncurkan infrastruktur khusus untuk Kecerdasan Buatan (AI) yang disebut Hitachi iQ. Selain infrastruktur, inovasi ini juga meliputi layanan dan solusi AI.

Hitachi iQ merupakan inovasi kolaboratif dengan NVIDIA yang dibangun untuk mengembangkan solusi baru terhadap penggunaan AI. Infrastruktur ini telah merima sertifikasi NVIDIA DGX BasePOD sehingga terjamin keandalannya dalam mengoperasikan aplikasi AI.

Sony Chahyadi, Pimpinan Konsultan Solusi Enterprise Hitachi Vantara Indonesia, mengatakan bahwa pihaknya sengaja bekerja sama dengan NVIDIA. Pasalnya, perusahaan ini merupakan salah satu penyedia GPU Processing teratas yang mendukung AI.

"Untuk saat ini, yang bisa deliver platform ready for AI dan sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar di worldwide itu kita melihat NVIDIA. (perusahaan ini) memiliki teknologinya dan mereka memiliki capability," kata Sony dalam Konferensi Media pada Rabu, 21 Agustus.

Direktur Penjualan Enterprise Hitachi Vantara Ming Sunadi menambahkan bahwa NVIDIA merupakan pelopor dari GPU Processing for AI. Oleh karena itu, Hitachi Vantara memutuskan untuk bekerja sama dengan perusahaan teknologi multinasional tersebut.

"NVIDIA yang pertama menciptakan GPU processing, sedangkan sebelum Covid, Intel masih fokus pada CPU Processing. NVIDIA sudah lama melihat, ternyata (teknologi ini) bukan cuma bisa untuk gaming doang, makanya mereka create untuk AI processing," jelas Ming.

Selain meluncurkan Hitachi iQ, penyedia solusi penyimpanan data dan cloud itu juga meluncurkan Hitachi Virtual Storage Platform One. Produk baru ini merupakan platform hybrid berbasis cloud yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola dan memanfaatkan data mereka.

Sony menjelaskan bahwa platform ini dapat menyatukan data dan menawarkan berbagai fleksibilitas yang fokus pada ketahanan. Kapasitas platform ini diklaim efektif di semua solusi, termasuk perusahaan dalam skala yang besar.

Ada banyak fitur yang dihadirkan di platform hybrid cloud ini, di antaranya One Data Plane, Simple Consumption, Cloud Observability, dan Accelerated File Storage. Dengan seluruh fitur yang dihadirkan, Virtual Storage Platform One menjadi lebih sederhana, cepat, dan aman.