Bagikan:

JAKARTA – iOS 18, sistem operasi (OS) terbaru untuk iPhone, diperkirakan akan rilis pada September mendatang. Menjelang peluncuran versi stabil, Apple kembali meluncurkan versi pengujian untuk OS tersebut.

Perusahaan itu meluncurkan iOS 18 beta 7 pada Selasa, 20 Agustus dengan nomor pembuatan 22A5346a. Belum diketahui pembaruan atau perbaikan apa yang ditambahkan ke versi ini. Namun, berkaca dari beta 6, pembaruan di beta 7 mungkin hanya sedikit.

Versi pengujian keenam baru diluncurkan pada 12 Agustus lalu dengan beberapa perubahan kecil. Dilansir dari 9to5mac, perubahan yang Apple luncurkan terlihat pada tombol Pusat Kontrol, aplikasi Foto, penyempurnaan mode Gelap, dan pewarnaan layar beranda.

Dengan meluncurkan iOS 18 beta secara bertahap, Apple ingin memastikan OS-nya siap saat dirilis ke publik. Namun, para pengembang masih menemukan masalah pada kinerja dan stabilitas di iOS 18 beta meskipun Apple telah merilis beberapa perbaikan.

Seharusnya, seluruh masalah ini sudah teratasi saat iOS 18 diluncurkan. Dengan begitu, pengguna iPhone bisa memperbarui perangkat lunaknya tanpa kendala. Mereka juga bisa mengakses puluhan fitur baru yang tersebar di berbagai aplikasi.

Selain meluncurkan versi pengujian terbaru dari iOS 18, Apple juga merilis beta ketujuh untuk macOS Sequioa, visionOS 2, iPadOS 18, watchOS 11, dan tvOS 18. Sama seperti iOS 18, seluruh OS ini akan diluncurkan pada September mendatang.

Beta ketujuh untuk para pengembang diharapkan menjadi pengujian terakhir untuk iOS 18, macOS Sequioa, dan OS lainnya. Pasalnya, peluncuran untuk versi stabil sudah semakin dekat. Namun, masih ada kemungkinan Apple meluncurkan versi beta 8 sebelum peluncuran stabil.