Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda pengguna Android, kemungkinan besar Anda menggunakan Google Photos untuk mengelola, mengedit, dan menyimpan semua gambar serta video Anda ke cloud. Aplikasi ini telah menjadi alat yang sangat kuat seiring waktu, memperkenalkan berbagai fitur baru dengan tujuan menjadi pusat utama untuk semua kebutuhan foto dan video Anda.

Hanya saja, tidak semua fitur dalam aplikasi ini selalu memberikan pengalaman yang sempurna. Salah satu fitur, Memories, yang diperkenalkan beberapa tahun lalu, memungkinkan pengguna untuk bernostalgia dengan memunculkan kembali foto-foto lama. Meskipun idenya cukup menarik, seringkali fitur ini justru memunculkan kenangan yang mungkin tidak selalu menyenangkan.

Google Photos kini meluncurkan fitur baru yang memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna dalam menyesuaikan pengalaman Memories. Selain opsi untuk memblokir orang atau menyembunyikan wajah, kini pengguna dapat memilih untuk "show less" atau melihat lebih sedikit dari seseorang dalam kenangan mereka.

Lewat opsi ini, orang yang dipilih tidak akan muncul dalam Memories jika mereka adalah satu-satunya orang di foto tersebut, namun masih bisa muncul jika mereka berada dalam foto kelompok.

Fitur baru ini menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam menciptakan kenangan yang lebih positif, dibandingkan dengan memblokir sepenuhnya yang mungkin menyebabkan hilangnya foto kelompok yang berharga. Opsi ini dapat ditemukan dalam menu pengaturan di aplikasi Google Photos di bawah bagian Memories. Fitur ini tersedia di versi 6.94.0.659749309 Google Photos, dan seharusnya tidak tergantung pada versi aplikasi yang Anda miliki.

Bagi Anda yang ingin lebih mengendalikan apa yang muncul dalam Memories, cobalah fitur ini untuk menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan dan sesuai dengan preferensi Anda.