Bagikan:

JAKARTA – Saat Anda mencari informasi di mesin pencari, Anda mungkin menemukan situs web yang tepat, tetapi dalam bahasa asing. Jika situs web tersebut menggunakan bahasa asing, Anda tidak perlu khawatir.

Sekarang, ada banyak cara untuk menerjemahkan situs web dengan mudah. Jika Anda tertarik untuk menerjemahkan halaman web yang berisi bahasa asing, berikut ini beberapa cara menerjemahkannya, dikutip dari Makeuseof.

Gunakan Alat Penerjemah Bawaan

Browser populer seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Safari, hingga Mozilla Firefox biasanya menyediakan alat penerjemah bawaan. Saat Anda mengaktifkan alat ini, bahasa di halaman web yang Anda kunjungi akan langsung berubah.

Untuk menerjemahkan bahasanya, buka Pengaturan terlebih dahulu, lalu pilih bahasa terjemahan yang diinginkan. Setelah itu, alat penerjemah akan berjalan secara otomatis. Anda juga bisa mengeklik ikon titik tiga vertikal, lalu klik menu Terjemahkan.

Instal Add-on atau Ekstensi Browser

Cara berikutnya adalah dengan menginstal add-on atau ekstensi terjemahan di browser yang Anda gunakan. Ada beberapa ekstensi yang bisa Anda gunakan, seperti Google Translate untuk Chrome, Mate Translate untuk Safari, dan ImTranslator.net untuk semua jenis browser.

Setiap ekstensi memiliki kelebihan yang berbeda. Seperti Google Translate misalnya, ekstensi ini mendukung lebih dari 240 bahasa, sedangkan Mate Translate unggul karena akurat. Anda bisa memilih mana ekstensi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Gunakan Situs Web Terjemahan

Terakhir, cara yang sudah pasti dilakukan kebanyakan orang adalah menggunakan situs web terjemahan. Cara ini sebenarnya cukup merepotkan karena Anda harus menyalin teks, lalu menempelkan teksnya di situs web terjemahan.

Jika teks yang ingin Anda terjemahkan terlalu banyak, Anda mungkin kerepotan karena situs web selalu membatasi jumlah teks yang bisa diterjemahkan. Namun, jika halaman web yang Anda buka memiliki sedikit teks, Anda bisa mengandalkan situs web terjemahan.