Bagikan:

JAKARTA – Sejak diakuisi Google, peluncuran smart watch Fitbit berjalan dengan sangat lambat. Perangkat wearable terakhir yang Fitbit luncurkan adalah Versa 4 dan Sense 2. Keduanya diluncurkan pada tahun 2022.

Selama bertahun-tahun, muncul kabar bahwa Fitbit akan berhenti membuat smart watch atau jam tangan pintar dan fokus pada alat pelacak aktivitas yang lebih sederhana. Kabar ini akhirnya dikonfirmasi oleh Google setelah perusahaan itu merilis Pixel Watch 3 di acara Made by Google.

Sandeep Waraich, Direktur Senior Manajemen Produk Pixel Wearables, mengatakan bahwa Fitbit tidak akan memproduksi jam tangan pintar lagi. Ke depannya, Pixel Watch akan menjadi pengganti sekaligus penerus untuk produk jam tangan pintar dari Fitbit.

"Pixel Watch adalah bagian jam tangan pintar dari portofolio kami," kata Waraich, dikutip dari Engadget. Selain menggantikan jam tangan Fitbit dengan Pixel Watch, Waraich juga mengonfirmasi bahwa Fitbit akan fokus pada alat pelacak yang minimalis dan tahan lama.

Menurut Waraich, pelanggan Fitbit lebih menyukai pelacak sederhana seperti Inspire. Perangkat ini dianggap populer karena tampilannya yang tidak mencolok dan memiliki ketahanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jam tangan pintar pada umumnya.

"Pelacak adalah perangkat yang jelas-jelas diinginkan pengguna karena tidak mencolok," ujar Waraich. "Mereka menginginkan masa pakai baterai yang lebih lama, menginginkan pengalaman yang sederhana dan kami sangat bangga dengan lini Inspire kami."

Selama beberapa tahun ke depan, tim wearable dari Google akan berkolaborasi dengan Fitbit dalam membuat jajaran Pixel Watch terbaru. Google akan fokus pada pembelajaran mesin dan model canggih, sedangkan Fitbit akan fokus pada data dan penangkapan sinyal.