Bagikan:

JAKARTA – Saat ini, ada banyak aplikasi chatbot Kecerdasan Buatan (AI) yang bisa diunduh dan digunakan di ponsel. Setelah versi aplikasi seluler dari Claude diluncurkan, pilihan aplikasi chatbot semakin bertambah.

Anthropic dan OpenAI merupakan dua perusahaan terbesar di bidang AI sehingga Anda mungkin bingung mana aplikasi chatbot yang lebih baik. Untuk mengetahui mana yang lebih unggul, berikut ini perbandingan dari aplikasi Claude dan ChatGPT, dilansir dari How to Geek.

Proses Masuk dan Penggunaan

Baik Claude maupun ChatGPT, keduanya mempermudah proses untuk login atau pun masuk ke dalam aplikasi. Anda juga bisa membuat akun keduanya dengan mudah. Untuk proses penggunaan aplikasinya, Claude dan ChatGPT memiliki sistem tokenisasi.

Dengan sistem tokenisasi, kedua aplikasi ini memiliki batasan dalam memproses perintah. Semakin panjang tokennya, Claude dan ChatGPT bisa kesulitan dalam memproses perintah. Selain itu, jika token yang ditentukan sudah habis, Anda harus menunggu hingga tokennya di-reset.

Jika Claude kehabisan token, Anda harus menunggu hingga model chatbot-nya disetel ulang saat hari berganti. Namun, jika ChatGPT yang kehabisan token, Anda bisa beralih ke model GPT-4o mini yang berbayar.

Kinerja Aplikasi

Dari sisi kinerja, keduanya mengatasi perintah dengan cara yang berbeda. Saat diminta membuat alur cerita pendek, keduanya memberikan bantuan yang sesuai dengan perintah. Claude memerlukan waktu delapan detik untuk memberikan respons.

Aplikasi ini akan memberikan dasar yang masih bisa dikembangkan sehingga tidak membatasi kreativitas Anda. Sinopsis yang diberikan juga tidak terlalu detail. Namun, ChatGPT memberikan respons yang lebih rinci dengan struktur yang jelas, seperti tahapan di tiap babak, latar, hingga kerangka ke setiap babak.

ChatGPT memberikan kerangka penyelesaian dari ceritanya dan memberikan petunjuk yang lengkap untuk membuat cerita pendek. Respons ini bisa memberikan ide yang lebih luas, tetapi juga bisa membatasi ide. Dengan jawaban yang kompleks, ChatGPT membutuhkan waktu hingga 43 detik.

Melihat dari perbandingan ini, Anda bisa menyesuaikan mana yang lebih baik bagi Anda karena setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing. Jika Anda menyukai respons yang sederhana dan tepat, Anda bisa memilih Claude. Namun, jika Anda lebih menyukai jawaban yang sangat detail, Anda bisa menggunakan ChatGPT.