Bagikan:

JAKARTA – Selain menyimpan dokumen, Google Drive dapat digunakan sebagai scanner atau alat untuk memindai dokumen fisik. Dokumen apa pun yang dipindai akan langsung tersimpan ke dalam penyimpanan cloud.

Namun, format dokumen yang dipindai masih terbatas pada PDF. Jika pengguna ingin menyimpannya dalam format JPEG atau PNG, mereka perlu menggunakan alat pengubah dokumen dari pihak ketiga. Cara ini biasanya akan memakan waktu.

Untuk memudahkan pemindaian dan penyimpanan dalam format gambar, Google meluncurkan format baru ke platform penyimpan cloud miliknya. Mulai 16 Agustus lalu, pengguna bisa menyimpan dokumen fisik yang dipindai dalam format JPEG.

"Minggu ini, kami dengan gembira mengumumkan bahwa pengguna kini dapat memilih untuk menyimpan file yang dipindai sebagai PDF atau JPEG," kata Google melalui halaman pembaruan Workspace.

Format baru ini akan tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace, pelanggan Workspace Individual, dan pengguna biasa dengan akun pribadi. Jika format ini belum tersedia, pengguna Drive masih harus menunggu hingga 15 hari ke depan.

"Peluncuran tidak akan memakan waktu lebih dari 15 hari kerja untuk diselesaikan jika diluncurkan ke Rilis Cepat dan Terjadwal secara bersamaan. Jika tidak, setiap tahap peluncuran tidak akan memakan waktu lebih dari 15 hari kerja untuk diselesaikan," jelas Google.