Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak alat pemindai (scanner) dan aplikasi dokumen lainnya yang bisa Anda temukan di mesin pencari. Namun, jika Anda menginginkan alat pemindai yang tersedia langsung di Android Anda, Google sudah menyediakannya.

Sebagian besar perangkat Android 12 sudah memiliki fitur default yang bisa memindai langsung bernama Google Lens. Google Lens merupakan alat pemindaian yang pada dasarnya merupakan penelusuran gambar terbaik Google.

Sebelumnya, VOI telah merangkum bagaimana cara untuk menggunakan Google Lens untuk memindai teks dari gambar dengan mudah.

Tidak hanya Google Lens, ternyata Google Drive juga memiliki alat pemindaian dokumen yang lebih dari kompeten dalam menangani batch dokumen yang dipindai. Bagian terbaiknya adalah, Anda tidak perlu menginstal alat tambahan karena alat pemindai ini tersedia langsung di dalam aplikasi Google Drive Anda.

Cara menggunakan pemindai dokumen Google Drive

Karena Google Drive adalah alat penyimpanan cloud, Anda tidak perlu lagi mengekspor dokumen setelah Anda memindainya. Selain itu, mudah untuk mengakses alat pemindaian langsung dari halaman utama Google Drive. Begini cara memindai dokumen dengan Google Drive:

  1. Buka aplikasi Google Drive di perangkat Anda.
  2. Di tab Home, ketuk ikon Tambah di sebelah kanan.
  3. Tekan Pemindaian.
  4. Jika Anda baru pertama kali menggunakannya, makan pilih opsi "Izinkan drive untuk mengakses kamera".
  5. Ambil gambar dokumen Anda dan ketuk tanda centang.
  6. Anda akan melihat pratinjau dokumen. Ketuk alat crop untuk menyeret sudut-sudut di sekitar dokumen untuk memastikan pemindaian menangkap area yang benar.
  7. Setelah disesuaikan, ketuk simpan.
  8. Pilih nama file, akun Google, dan lokasi lalu tekan Simpan lagi.

Hanya itu cara yang harus Anda lakukan, sangat mudah kan? Anda sekarang memiliki dokumen yang dipindai yang sudah disimpan di Google Drive.