Makin Mudah! Google Drive Kini Bisa Pindai Dokumen
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi memindai dokumen merupakan salah satu kebutuhan penting untuk saat ini. Google Drive menyadari pentingnya fitur ini sehingga mereka menambahkan fitur memindai pada versi terbaru.

Aplikasi penyimpanan cloud ini akan menambahkan kemampuan memindai dokumen. Dengan adanya fitur baru ini, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan hanya untuk memindai satu atau dua dokumen.

Dilaporkan pertama kali oleh 9to5google, tampilan memindai di Google Drive ini hampir sama dengan aplikasi memindai lainnya. Fitur ini hanya perlu membidik dokumen untuk diubah ke dalam pdf sebelum tersimpan secara otomatis ke cloud.

Fitur ini berada di dalam ikon tambah yang berada di pojok kiri bawah layar. Ketika diketuk, pengguna bisa menemukan menu Scan atau Memindai di samping menu Unggah. Pengguna bisa langsung memotret dokumen yang diinginkan.

Pengguna juga bisa menyejajarkan dokumen dengan kontrol yang sederhana melalui alat Pangkas & Putar. Selain itu, dokumen bisa diambil ulang dan dihapus kembali jika pengguna masih ragu dengan pengambilan gambar dokumennya.

Untuk membuat tampilan dokumen semakin nyata, Google Drive juga menghadirkan beberapa opsi dalam filter seperti Otomatis, Warna, dan Skala Abu-abu. Meski pilihan filternya tidak sebanyak aplikasi memindai yang lain, tampilannya sudah cukup baik.

Fitur ini telah hadir di iOS dan Android dengan versi 2.23.457.1. Untuk mendapatkan pembaruan Google Drive dengan fitur memindai ini, pastikan untuk meng-update aplikasi Anda ke versi yang paling baru.