Cara Mudah Mencabut Semua Akses Dokumen di Layanan Google Drive
Cara mencabut akses ke Google Drive (ISP)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google Drive merupakan layanan penyimpanan dokumen berbasis komputasi awan milik Google yang dapat digunakan untuk beragam keperluan, dan bisa diakses di mana saja.

Dengan Google Drive, pengguna dapat lebih mudah menyimpan dan mengakses dokumen dari berbagai perangkat sehingga tidak perlu membawa komputer atau laptop saat bekerja di luar kantor atau rumah.

Selain itu, dengan fitur yang ada di Google Google Drive pengguna juga dapat membagikan dokumen yang mereka miliki dengan mudah kepada pengguna lain, baik melalui email maupun aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

Anda pun dapat memberikan akses ke ruang penyimpanan Google Drive Anda kepada orang lain. Hal ini berlaku apabila mempekerjakan orang lain untuk mengerjakan projek tertentu. Setelah proyek selesai, maka Anda dapat menghentikan akses tersebut.

Di dalam artikel ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencabut semua akses yang dimiliki orang lain terhadap akun Google Drive Anda.

Cabut Akses Dokumen Google Drive

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka Google Drive di perangkat Anda menggunakan aplikasi peramban yang Anda miliki.

Selanjutnya, buka folder yang berisi dokumen-dokumen yang hendak dicabut aksesnya dari seseorang, supaya mereka tidak dapat mengaksesnya lagi.

Setelah itu, klik Search Option yang berada di sebelah kolom pencarian, dan isi kotak dialog yang harus Anda isi.

Adapun sejumlah opsi yang wajib diisi adalah Jenis Dokumen (Type), Lokasi (Location) di Drive, dan Dibagikan Kepada atau Shared To.

Setelah Anda mengisi opsi pencarian tersebut pengguna dapat klik ikon Search, dan Anda akan mendapatkan daftar file yang telah kamu bagikan kepada pengguna tertentu.

Pilih dokumen paling atas lalu ketuk tombol Ctrl + A pada keyboard untuk memilih semua dokumen yang muncul di hasil pencarian. Klik kanan, keumudian pilih Share atau Bagikan.

Akan muncul kotak dialog yang menunjukan bahwa dokumen-dokumen tersebut telah dibagikan kepada pengguna lain. Pada bagian samping kanan terdapat opsi level akses yang telah diberikan: Viewer, Commenter, Editor.

Selanjutnya klik ikon Remove, untuk mencabut akses yang dimiliki oleh pengguna lain, kemudian klik Save.

Dengan demikian pengguna yang Anda pilih sudah tidak dapat mengakses dokumen di Google Drive yang Anda miliki. Anda pun tidak perlu khawatir file-file Anda akan dicuri oleh orang lain.