Cara Mengganti Lokasi Penyimpanan File yang Diunduh Menggunakan Mozilla Firefox
Cara menyimpan file unduhan di Firefox (Official Jimbreuer)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setiap kali pengguna mengunduh file menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox, file yang Anda unduh secara otomatis akan tersimpan di menu folder "Download" yang ada di File Explorer perangkat Anda.

Secara default pengaturan tersebut sudah ditetapkan oleh semua perangkat supaya pengguna dapat dengan mudah menemukan file yang sudah mereka unduh di folder download.

Namun, pengguna sebetulnya dapat mengubah lokasi penyimpanan file di folder lainnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu memindahkan file yang sudah diunduh  ke folder lain setiap kali mengunduh file tertentu dari internet.

Hal tersebut dapat mempermudah pengguna dalam mengumpulkan file-file yang sama ke dalam 1 folder saat mengunduhnya, misalnya saat Anda mengunduh film series, pengguna dapat langsung mengabungkan semua episode ke dalam 1 folder.

Jika Anda tertarik untuk mengubah lokasi penyimpanan file yang baru diunduh, tim VOI telah menyiapkan langkah-langkah yang adapat Anda lakukan dalam artikel di bawah ini.

Mengganti Lokasi Penyimpanan File yang Baru Diunduh

Di dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengganti lokasi penyimpanan file yang diunduh menggunakan peramban Mozilla Firefox. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka aplikasi peramban tersebut di perangkat Anda.

Setelah masuk ke halaman Mozilla Firefox, pengguna dapat mengklik menu border berupa ikon tiga garis yang berada di pojok kanan atas halaman utama di perangkat Anda.

Selanjutnya, akan muncul pilihan menu yang dapat Anda pilih, kemudian klik menu "Setting" atau pengaturan untuk mengubah lokasi penyimpanan file yang Anda unduh.

Gulir ke bawah, hingga Anda menemukan menu "Save Files To" di peramban Anda, dan pilih ikon "Choose". Kemudian Anda dapat memilih di mana akan meletakkan file yang diunduh melalui Mozilla Firefox.

Pengguna dapat memilih letak folder yang bakal menyimpan semua file yang akan Anda unduh dari internet. Anda pun dapat memilih folder mana pun yang ada di menu File Explorer, termasuk membuat folder baru.

Setelah itu, setiap Anda mengunduh file melalui peramban Mozilla Firefox, file tersebut akan tersimpan di dalam folder yang sudah Anda tentukan. Hal itu pun dapat membantu pengguna untuk lebih mudah mengelompokkan setiap file yang diunduh.

Anda pun dapat mengubah lokasi folder penyimpanan file yang didownload setiap waktu, sehingga pengguna dapat mengubahnya sewaktu-waktu, bahkan langsung mengelompokkan setiap file yang diunduh.

Demikian adalah cara mengubah lokasi penyimpanan file yang Anda unduh di Mozilla Firefox untuk mengganti lokasi folder Download yang menjadi pengaturan default setiap perangkat.