Punya File Penting yang Disimpan di Google Drive, Sembunyikan dengan Cara Ini
Punya File Penting yang Disimpan di Google Drive, Sembunyikan dengan Cara Ini (Wired)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google Drive merupakan layanan penyimpanan awan atau Cloud Storage yang banyak digunakan. Penggunaan tersebut tidak terlepas dari akses yang lebih mudah dibanding menyimpan di ruang penyimpanan laptop atau komputer.

Selain itu, Google Drive memiliki sistem keamanan yang bagus, sehingga menjamin privasi dan data pengguna yang disimpan di ruang penyimpanan awan tersebut.

Oleh karenanya, banyak pengguna yang menyimpan file penting di Google Drive supaya lebih aman dan mudah diakses. Namun, tidak jarang pengguna yang khawatir file yang mereka simpan akan bocor.

Karenanya, di bawah ini tim VOI telah membuat langkah-langkah yang dapat Anda lakukan supaya file yang Anda simpan di Google Drive menjadi lebih aman, dengan mengubah thumbnail file tersebut.

Cara Menyembunyikan File di Google Drive

Apabila pengguna masih ragu dengan sistem keamanan yang dibuat oleh Google Drive, tidak ada salahnya untuk membuat pengamanan sendiri, yakni menyembunyikannya supaya tidak mudah dilihat orang.

Kendati tidak ada fitur khusus yang ditawarkan oleh Google Drive, tetapi pengguna bisa menyembunyikan file penting yang Anda miliki dengan cara mengubah thumbnail.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka Google Drive melalui peramban yang ada di laptop atau komputer Anda. Pengguna dapat memakai Google Chrome, Mozilla Firefox, atau peramban lainnya.

Setelah masuk ke halaman Google Drive, Anda dapat pergi ke direktori file yang ingin disembunyikan di Google Drive, dan cari file yang Anda inginkan.

Setelah menemukan file yang ingin disembunyikan, klik kanan pada file tersebut lalu pilih opsi "Manage Versions", sehingga akan muncul sejumlah menu yang dapat dipilih.

Pilih opsi "Upload New Versions" dan unggah file lain seperti gambar atau foto baru. Pada tahap selanjutnya, Google secara otomatis akan mengubah thumbnail file rahasia yang ingin Anda sembunyikan dengan gambar atau foto baru tersebut.

Klik kanan pada file rahasia Anda, kemudian pilih opsi "Manage Versions". Klik ikon tiga titik pada file rahasia yang ingin Anda sembunyikan, kemudian centang opsi "Keep Forever".

Supaya lebih aman, pengguna dapat mengubah ekstensi file yang digunakan. Misalnya, jika Anda menyembunyikan file jpg pengguna dapat mengubahnya menjadi pdf atau lainnya. Dengan demikian orang lain tidak akan mengetahui bahwa file tersebut telah Anda ubah.

Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk menyembunyikan file di Google Drive. Pengguna dapat melakukan langkah-langkah di atas supaya file yang Anda simpan lebih aman.