Kapasitas Google Drive Penuh? Atasi dengan Cara Ini
Cara mengatasi kapasitas Google Drive penuh (iTechGuides)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Berkat beberapa layanan Google, kini aktivitas Work From Home bisa berjalan lebih mudah. Mulai dari berkomunikasi dengan anggota tim menggunakan Meet; mengerjakan satu dokumen bebarengan lewat Google Docs, Sheets, atau Slide; hingga menyimpan dokumen pakai Google Drive.

Memang kita bisa menggunakan seluruh layanan Google dengan gratis. Tapi, fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan terbatas. Tak terkecuali Google Drive, yang kapasitas penyimpanannya dibatasi 15GB saja untuk pengguna gratis.

Padahal, Google Drive tak hanya dipakai untuk menyimpan dokumen kerja. Tapi juga email, foto, serta beragam jenis data yang Anda buat lewat layanan Google.

Maka, ketika kapasitas Google Drive penuh, sebagian aktivitas Anda pun terganggu, bukan? Oleh karena itu, saat Google Drive penuh, gunakan cara ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Google Drive Penuh

Jika Anda jarang menggunakan layanan Google, tentu tak bakal menghadapi kendala ini. Tapi, lain halnya jika aktivitas sehari-hari Anda dilakukan via platform Google. Masalah penyimpanan menjadi penting dan krusial.

Nah, untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas kala kapasitas Google Drive penuh, lakukan salah satu cara di bawah. Langsung cek saja, ya.

Hapus Email Lawas dari Gmail

Menghapus email yang terdapat pada Gmail merupakan langkah termudah dan pertama yang bisa Anda lakukan. Bisa dimulai dengan menghapus email pada folder Draft, Spam, Trash, atau email iklan.

Selain itu, hapus pula email yang dilampiri file berukuran paling besar. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa menambahkan kata kunci ‘has:attachment’ pada kotak pencarian.

Hapus Foto dan Video yang Tidak Dibutuhkan Lagi pada Google Photos

Bagi pengguna Android, sebagian besar foto biasanya disimpan pada penyimpanan internal secara otomatis. Jika Anda memasang aplikasi Google Photos dan sudah mensinkronisasikannya dengan penyimpanan perangkat, maka seluruh foto dan video pada ponsel akan diunggah ke Google Photos secara otomatis.

Sayangnya, proses ini tidak bisa memilih antara foto yang penting dan yang tidak. Apalagi jika Anda memiliki banyak file foto berkualitas buruk, tetap bakal diunggah secara otomatis!

Oleh karena itu, langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus foto atau video pada Google Photos.

Caranya mudah, buka aplikasi tersebut, lalu klik Settings. Selanjutnya, cari menu Upload size for photos & videos, kemudian ketuk menu Storage Saver.

Dengan melakukan langkah di atas, Google Photos akan mengurangi kualitas foto yang tersimpan pada aplikasi -dari yang awalnya HD menjadi HQ.

Setelah itu, Anda perlu menghapus foto-foto yang tidak dibutuhkan lagi pada Google Photos. Pada menu Storage Server, ketuk menu View.

Di dalamnya Anda akan melihat video atau foto yang rusak. Nah, Anda perlu menghapus seluruh file tersebut agar mengurangi kapasitas Google Drive.

Itulah dua cara mengatasi kapasitas Google Drive penuh. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk membebaskan ruang penyimpanan gratis dari Google ini, ya.