Cara Memperbaiki Tombol HP Android yang Rusak, Langsung Atasi dengan Langkah Ini
Cara memperbaiki tombol HP yang rusak (Droidviews)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pada desain ponsel Android terbaru, tombol makin sulit kita temui. Biasanya karena diberi warna yang menyatu dengan body. Atau bahkan diletakkan agak ke bawah akibat terdesak bezell layar yang semakin tipis.

Apalagi, beberapa fitur tombol kini sudah digantikan oleh perintah berbasis gesture. Salah satunya yakni menyimpan tangkapan layar -yang sudah bisa dilakukan dengan mengusap tiga jari sekaligus di depan layar.

Akan tetapi, kita masih sangat membutuhkannya. Seperti untuk mengunci layar atau mengatur volume. Namun, akibat sering digunakan, tombol fisik tentu akan rusak akhirnya. Ya, salah satu problem yang kerap dihadapi oleh banyak pengguna Android.

Nah, jika tombol Volume atau Power on-off pada ponsel Anda tidak bekerja, jangan buru-buru membawanya ke service center. Berdasarkan uji coba tim VOI, ada beberapa cara memperbaiki tombol HP Android yang bisa Anda lakukan sendiri. Mau tahu?

Cek Kondisi dan Kesehatan Tombol HP

Ada kemungkinan penyebab tombol HP yang rusak adalah eror di bagian software. Sehingga mengakibatkan fungsi tombol fisik kurang optimal. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan kondisi dan kesehatan tombol HP.

Kami merekomendasikan Anda untuk melakukan perbaikan dasar berikut untuk mengecek kondisi tombol:

  1. Reboot ponsel
  2. Masuk ke Safe Mode
  3. Diagnosa hardware tombol menggunakan aplikasi TestM

[/see_also]
- https://voi.id/teknologi/87482/cara-menghubungkan-printer-ke-windows-10
- https://voi.id/teknologi/87279/inspirasi-latar-belakang-yang-bisa-anda-gunakan-untuk-video-konferensi-zoom
- https://voi.id/teknologi/87277/cara-menggunakan-virtual-background-zoom
[/see_also]

Bersihkan Debu dan Kotoran di Celah Sekitar Tombol

Harus dicatat, tombol Volume dan Power pada perangkat Anda merupakan hardware yang paling sering bersentuhan langsung dengan lingkungan. Lama-kelamaan, ktoroan dan debu pun bakal menumpuk pada celah yang ada di sekitar tombol.

Jika menumpuk dalam jumlah yang banyak, tentu saja bisa mengganggung koneksi internal antara tombol dengan komponen bagian dalam. Oleh karena itu, penting kiranya untuk mengecek kondisi kebersihan dari tombol Anda.

Menurut pengalaman penulis, cara terbaik untuk membersihkan debu atau kotoran di HP adalah dengan meniupkan udara ke dalam celah tersebut. Atau, Anda juga bisa membersihkan pakai tusuk gigi. Terkadang, cara sederhana ini sudah lebih dari cukup untuk mengatasi kendala tersebut.

Gunakan Aplikasi Aksi Sebagai Alternatif Tombol

Sebelum Anda membawa perangkat ke jasa servis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi aksi yang fungsinya menggantikan tombol. Misal aplikasi untuk mengunci atau membuka layar. Serta aplikasi untuk menaikkan dan menurunkan volume audio.

Kini sudah tersedia banyak pilihan aplikasi yang menawarkan layanan tersebut. Misal Gravity Screen. Namun, langkah ini ada baiknya Anda lakukan jika kapasitas RAM dan penyimpanan internal cukup. Jika tidak, malah bisa membuat HP Android lemot dan lag.

Nah, itulah cara memperbaiki tombol HP yang rusak. Jadi, tak perlu panik dan khawatir ketika tombol pada HP yang Anda gunakan tidak berfungsi. Cukup lakukan salah satu langkah di atas.