Gmail Anda Tidak Bisa Menerima Email karena Ruang Penyimpanan Penuh, Lakukan Cara Ini
Gmail Anda Tidak Bisa Menerima Email karena Ruang Penyimpanan Penuh, Lakukan Cara Ini (El Confidential)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gmail memililki kapasitas ruang penyimpanan yang terbatas. Hal tersebut dapat membuat akun pengguna tidak bisa menerima email baru karena sudah tidak memiliki ruang penyimpanan.

Meskipun hanya membutuhkan jumlah ruang yang kecil, tetapi banyaknya file yang ada di Gmail Anda membuat ruang penyimpanan akan penuh. Pasalnya, Gmail menggunakan ruang penyimpanan yang tersedia di Google Drive dan memiliki kapasitas terbatas.

Namun, pengguna tidak perlu khawatir karena terdapat sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah email tidak bisa masuk ke dalam Gmail Anda karena ruang penyimpanan sudah terlalu banyak memuat file.

Di bawah ini, tim VOI telah merangkum beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat ruang penyimpanan di Gmail Anda lebih lega supaya bisa menerima email baru.

Hapus File di Google Drive dan Google Photos

Salah satu file yang membuat ruang penyimpanan Google Drive lebih cepat penuh adalah banyaknya file berukuran besar yang Anda simpan di Google Drive. File berukuran besar tersebut biasanya berupa foto atau video sehingga pengguna dapat menghapusnya.

Hapus Email yang Tidak Penting

Selain menghapus file yang tersimpan di Google Drive, pengguna juga dapat menghapus beberapa email yang tidak penting di dalam Gmail Anda. Misalnya, email promosi produk tertentu atau hal lainnya yang sudah tidak relevan dengan Anda.

Untuk mempermudah proses penghapusan, pengguna dapat memasukkan kata kunci tertentu di kolom pencarian di bagian atas Gmail, kemudian klik kolom All Email yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda tulis.

Dengan demikian, semua email yang memiliki kata kunci yang Anda tulis akan terhapus sehingga ruang penyimpanan di Gmail Anda akan lebih besar supaya bisa menerima email baru.

Upgrade Ruang Penyimpanan ke Premium

Selain menghapus file-file yang ada di ruang penyimpanan, pengguna juga bisa menambah kapasitas ruang di Google Drive supaya bisa menerima lebih banyak file melalui email.

Untuk mengupgrade ruang penyimpanan di Google Drive pengguna harus membayar paket yang ditawarkan oleh Google. Cara ini bisa Anda lakukan apabile alamat email digunakan untuk kegiatan bisnis, sementara untuk hal pribadi pengguna tidak disarankan untuk mengupgrade ruang penyimpanan ke mode premium.

Demikian adalah sejumlah cara yang dapat Anda lakukan ketika Gmail Anda tidak bisa lagi menerima email baru akibat ruang penyimpanan di Google Drive yang penuh.