Begini Cara Mengamankan Kontak WhatsApp Supaya Tidak Dimasukkan ke Dalam Grup Sembarangan
Begini Cara Mengamankan Kontak WhatsApp Supaya Tidak Dimasukkan ke Dalam Grup Sembarangan (India Today)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang dapat menghubungkan pengguna dengan banyak orang. Baik melalui kontak personal, maupun grup obrolan yang berisi orang-orang tertentu yang Anda kenal.

Akan tetapi, tidak jarang ada orang yang tanpa izin memasukkan pengguna ke dalam grup obrolan WhatsApp yang tidak Anda inginkan. Hal tersebut tentu ingin dihindari oleh penghuna supaya terhindar dari hal-hal yang mengganggu.

Apalagi, jika orang yang memasukkan kontak Anda ke grup obrolan WhatsApp adalah orang yang tidak Anda kenal. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat kontak Anda tidak bisa dimasukkan ke grup obrolan secara sembarangan.

Jika pengguna masih bingung cara membuat kontak WhatsApp tidak bisa dimasukkan ke grup obrolan tanpa izin, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Membuat Kontak WhatsApp Tidak Dimasukkan Grup Obrolan Tanpa Izin

Untuk mengamankan kontak WhatsApp Anda, pengguna dapat membuka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone penggunak, dan pilih ikon “tiga titik" yang berada di pojok kanan atas halaman utama WhatsApp Anda.

Selanjutnya, klik “Setting” pada menu yang tersedia. Anda dapat masuk ke menu “Account” kemudian memilih menu “Privacy” dan selanjutnya, pilih ikon “Groups”.

Setelah memilih menu tersebut, pengguna akan diberi 3 pilihan mengenai orang yang bisa memasukkan Anda ke dalam grup obrolan WhatsApp, antara lain Everyone, My Contacts, dan My Contacts Except.

Jika Anda memilih Everyone, maka semua orang yang menggunakan WhatsApp tanpa ada pengecualian dapat memasukkan Anda pada grup obrolan tertentu. Opsi tersebut akan terpasang ke pengaturan default aplikasi WhatsApp Anda.

Selanjutnya, adalah My Contacts yang berarti hanya pengguna WhatsApp yang terdapat pada daftar kontak Anda yang bisa memasukkan Anda ke dalam grup obrolan.

Pilahan lainnya adalah My Contacts Except yang berarti Anda dapat menyaring siapa saja yang tidak dapat memasukkan Anda ke grup. Untuk mencegah dimasukkan grup WhatsApp tanpa izin, Anda dapat memilih My Contact Except supaya tidak dimasukkan oleh sembarang orang.

Setelah memilih salah setu opsi yang disediakan, pengguna dapat kembali ke halaman utama WhatsApp dan pengaturan tersebut akan secara otomatis digunakan oleh aplikasi WhatsApp pengguna.

Demikian adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat kontak WhatsApp Anda tidak dimasukkan ke dalam grup obrolan secara sembarangan, tanpa sepengetahuan Anda.