Cara Mudah Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca, Meskipun Centang Biru Dimatikan
Cara Mudah Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca, Meskipun Centang Biru Dimatikan (Olhar Digital)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki berbagai macam fitur yang dapat digunakan penggunanya, termasuk mematikan tanda centang biru yang biasa digunakan untuk melihat apakah pesan yang dikirim telah dibaca oleh penerima atau belum.

Namun, beberapa pengguna WharsApp memilih untuk mematikan tanda centang biru di aplikasi mereka supaya orang lain tidak mengetahui apakah dia sudah membaca pesan yang dikirim atau belum, untuk menjaga privasi.

Sering kali pengguna WhatsApp melihat kontak yang dikirimi pesan dalam keadaan online, tetapi tidak membalas pesan Anda. Apalagi jika centang biru di kontak tersebut dimatikan, sehingga Anda tidak tahu pesan yang dikirim sudah dibaca atau belum.

Kendati begitu, Anda sebetulnya tetap bisa mengetahui apakah pesan yang dikirimkan kepada orang yang mematikan pengaturan centang biru di WhatsAppnya, dengan menggunakan trik khusus yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Untuk mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca, pengguna dapat mengeceknya dengan membuat grup obrolan WhatsApp, kemudian mengirimkan pesan baru di grup tersebut.

Jika Anda masih bingung untuk melakukan trik tersebut, pengguna dapat memgikuti langkah-langkah yang telah dirangkum tim VOI di bawah ini dan mempraktekannya secara langsung.

Cek Pesan Sudah Dibaca dengan Grup WhatsApp

Langkah pertama untuk mengetahui apakah obrolan WhatsApp Anda sudah dibaca adalah membuat grup WA yang berisi Anda dan kontak yang ingin Anda ketahui apakah sudah membaca pesan Anda.

Selanjutnya, kirim pesan ke grup obrolan tersebut. Anda dapat menuliskan apa saja di grup tersebut karena fungsinya adalah untuk mengetahui apakah pesan Anda sudah dibaca atau belum.

Setelah itu, Anda dapat masuk ke dalam grup obrolan yang Anda buat, dan klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas. Klik menu "Info" untuk mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca.

Akan muncul notifikasi pesan tersebut sudah diterima oleh kontak di grup dan pesan sudah dilihat. Jika pesan tersebut sudah dilihat oleh kontak di grup tersebut maka pesan yang Anda kirim secara pribadi sebelumnya sudah dibaca oleh orang tersebut.

Dengan demikian, meskipun tanda centang biru sudah dimatikan, Anda tetap bisa mengetahi apakah pesan yang Anda kirim sudah dibaca atau belum.

Setelah mengetahui pesan Anda sudah dibaca atau belum oleh kontak tersebut, pengguna dapat menghapus grup tersebut atau membiarkan grup tersebut tetap ada untuk mengecek pesan Anda sudah diterima atau tidak dengan cara yang sama.

Demikian adalah cara untuk mengetahui pesan yang Anda kirim sudah dibaca atau belum dengan membuat grup baru di aplikasi WhatsApp.