WhatsApp Buat 8 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Nomor 3 Wajib Dicoba
WhatsApp Buat 8 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Nomor 3 Wajib Dicoba (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan WhatsApp terus melakukan inovasi untuk membuat produk mereka semakin digemari pengguna. Paling anyar, perusahaan yang berpusat di California tersebut bakal merilis 8 fitur baru di penghujung tahun 2021.

Fitur terbaru WhatsApp yang bakal dirilis sebelumnya sudah melalui tahap uji coba menggunakan WhatsApp Beta. Dari uji coba tersebut 8 fitur disebut siap dirilis untuk publik.

Dikutip VOI dari Gadgets Now, di bawah ini adalah 8 fitur terbaru yang bakal dirilis pada akhir tahun 2021, salah satunya adalah menyembunyikan "Last Seen" untuk kontak tertentu. Berikut adalah rangkuman lengkapnya.

1. Multi-Device Tanpa Internet

Salah satu fitur yang dikembangkan oleh WhatsApp adalah mengakses 1 akun menggunakan 2 perangkat berbeda. Sebelumnya, pengguna dapat mengakses 1 akun dengan 2 perangkat menggunakan WhatsApp Web. Dengan cara itu, pengguna dapat mengakses 1 akun di 2 perangkat dengan catatan akun utama di smartphone dalam keadaan aktif.

Nantinya, dengan fitur Multiple-Device, pengguna dapat menggunakan 1 akun di 2 perangkat tanpa bergantung pada kontak utama. Pengguna pun dapat mengakses WhatsApp Web meskipun aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel dalam keadaan offline.

2. Community Group di Dalam Grup

Fitur Community memungkinkan pengguna untuk membuat grup di dalam grup yang sudah ada. Hal ini bertujuan untuk membuat anggota grup dapat berdiskusi mengenai topik yang spesifik dengan sebagian anggota, dan tidak diketahui oleh semua anggota grup.

Anggota grup pun dapat membuat beberapa grup di dalam grup. Misalnya Anda membuat "Proyek 1" dengan 5 anggota grup, kemudian membuat "Proyek 2" dengan anggota grup lain yang membahas topik berbeda.

3. Menyembunyikan Last Seen untuk Kontak Tertentu

Bagi sebagian pengguna, menonaktifkan mode Last Seen dapat menjaga privasi mereka. Namun, karena mode tersebut berlaku untuk semua kontak yang ada di WhatsApp, maka pengguna kerap memilih untuk mengaktifkannya.

Untuk pembaruan WhatsApp terbaru yang dirilis akhir tahun ini, mode Last Seen dapat diaktifkan untuk sebagian kontak yang menurut Anda tidak perlu mengetahui status aktivitas Anda di WhatsApp.

4. Cek Voice Note Sebelum Dikirim

Fitur selanjutnya yang dikabarkan bakal dirilis WhatsApp adalah pengecekan Voice Note sebelum dikirim. Selama ini, pengguna WhatsApp hanya bisa mengirim Voice Note secara langsung tanpa bisa mengeceknya terlebih dahulu.

Setelah pengguna membuat Voice Note, akan muncul tombol putar di tengah-tengah antara hapus dan kirim. Tombol tersebut dapat digunakan untuk mengecek Voice Note yang Anda buat terlebih dahulu sebelum dikirim.

Selain 4 fitur yang telah dijelaskan di atas, ada juga sejumlah fitur-fitur lainnya yang bakal dirilis WhatsApp seperti desain baru kontak info di dalam aplikasi, kemudian peringatan emoji tidak dapat digunakan, dan fitur reaksi, dan durasi hapus pesan otomatis.

Demikianlah beberapa fitur yang bakal dirilis oleh aplikasi WhatsApp yang bisa Anda coba pada akhir tahun 2021. Untuk mengunakannya, pengguna dapat update aplikasi ke versi terbaru untuk menikmati beragam fitur menarik dari WhatsApp.