Bagikan:

JAKARTA – Pada September lalu, terungkap bahwa WhatsApp sedang mengembangkan fitur verifikasi tautan yang terintegrasi dengan Google Search. Sebelum dirilis, fiturnya mendapatkan sedikit pembaruan.

Di WhatsApp beta dengan versi 2.24.20.28, platform perpesanan ini hanya menampilkan fitur verifikasi tautan pada URL yang dibagikan beberapa kali. Namun, di pembaruan beta terkini, fitur verifikasi tautan bekerja untuk berbagai jenis tautan.

Perubahan ini ditemukan pertama kali oleh WABetaInfo melalui WhatsApp beta dengan versi 2.24.22.19. Jika sebelumnya fitur tautan verifikasi masih dikembangkan, kini fiturnya sudah bisa dicoba oleh seluruh penguji di program beta.

Selain fungsionalitasnya yang berubah, tampilan fiturnya juga mengalami perubahan. Sebelumnya, fitur verifikasi tautan bisa diakses melalui hyperlink Cari di Web. Saat hyperlink yang terlihat diketuk, halaman pencarian akan muncul dengan dua opsi. 

Namun, di versi terbaru, pengguna tidak akan melihat hyperlink tersebut di tautan biasa. Pengguna WhatsApp harus menekan tautannya hingga beberapa opsi ditampilkan, di antaranya Salin Tautan, Buka Tautan, atau Dapatkan Info Tautan di Google. 

Meski memperlambat akses pengguna ke tautan, fitur ini merupakan langkah yang baik untuk memperkuat keamanan perangkat. Pasalnya, dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, pengguna WhatsApp sering terkena phishing karena mengeklik tautan sembarangan.

Cara ini juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan mencari secara manual. Bagi pengguna WhatsApp yang selalu melakukan verifikasi dengan mencari informasi situsnya di Google, fitur ini membantu pengguna untuk tidak berpindah aplikasi.