Bagikan:

JAKARTA – WhatsApp akan memperbarui tampilan emoji reaksi di ruang obrolan. Sebelumnya, emoji yang ditampilkan merupakan default dan tidak pernah berubah, tetapi kini emojinya menjadi lebih fleksibel dan terkini. 

Mengutip dari laporan WABetaInfo, perubahan ini awalnya terlihat di beta versi 2.24.21.15, tetapi masih dalam tahap pengembangan. Setelah versi 2.24.21.16 dirilis ke pengguna beta publik, beberapa pengembang bisa melihat tampilan terbaru dari emoji reaksi. 

Sebelumnya, bilah emoji di fitur reaksi terbatas pada enam pilihan yang sama. Pengguna bisa menggunakan emoji lain dengan mengeklik ikon tambah, tetapi cara ini tidak efisien karena pengguna harus mencari emoji yang mereka inginkan satu per satu.

Untungnya, WhatsApp membuat perubahan pada tampilan emoji reaksi terbaru. Menurut temuan para pengembang atau penguji beta, tampilan reaksi akan disesuaikan dengan emoji yang terakhir kali pengguna pakai.

Tampilan ini jauh lebih praktis karena pengguna bisa menghemat lebih banyak waktu dalam memilih emoji. Pengguna tidak perlu lagi mencari emoji tambahan untuk digunakan sebagai reaksi sehingga responsnya bisa lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Tampilan emoji reaksi terbaru ini sudah bisa digunakan oleh para penguji beta yang memasang pembaruan WhatsApp beta terkini. Untuk saat ini, tampilan emoji yang dipersonalisasi hanya terlihat di perangkat Android. 

Perlu diingat bahwa tidak semua fitur yang dirilis di versi beta akan dirilis juga ke versi yang lebih stabil. Namun, melihat perkembangan fitur emoji reaksi dari beta biasa ke beta pengembang, sepertinya fitur ini akan tersedia dalam waktu dekat untuk seluruh pengguna.