Bagikan:

JAKARTA - Dalam beberapa pekan terakhir, koin meme yang didukung kecerdasan buatan (AI) telah menjadi topik hangat di kalangan komunitas kripto. Berbarengan dengan itu, permintaan terhadap solusi berbasis AI turut melonjak. 

Situasi ini mendongkrak kapitalisasi pasar koin meme bertema AI mencapai 1,9 miliar dolar AS (Rp29,45 triliun). Dua token yang mendominasi tren ini adalah Goatseus Maximus (GOAT) dan Turbo (TURBO), yang menyumbang sebagian besar volume perdagangan di pasar koin meme AI.

Berdasarkan data dari CoinGecko, kapitalisasi pasar koin meme AI naik signifikan hingga 1,9 miliar dolar AS (Rp29,45 triliun) dengan volume perdagangan harian lebih dari 590 juta dolar AS (Rp9,14 triliun).

Dari capaian tersebut, GOAT dan TURBO menyumbang sekitar 60% atau sekitar 360 juta dolar AS (Rp5,58 triliun) dari total volume perdagangan harian. Sementara itu, sebagian besar koin meme AI lain masih memiliki volume perdagangan yang relatif kecil, di bawah 1 juta dolar AS (Rp15,5 miliar) per hari.

Kenaikan pesat harga token GOAT dan TURBO tak lepas dari popularitas kecerdasan buatan yang kian meningkat. TURBO, misalnya, merupakan koin meme yang diciptakan oleh platform kecerdasan buatan OpenAI ChatGPT.

Sementara itu, koin GOAT mendapatkan promosi dari akun ‘Terminal of Truths’ yang telah aktif memasarkan koin ini dalam beberapa minggu terakhir. Kombinasi dari tren AI dan koin meme ini menarik perhatian komunitas kripto global.

Sementara itu, data dari Kaito mengungkapkan bahwa lebih dari 60% percakapan di komunitas kripto sepanjang bulan Oktober berpusat pada topik AI dan koin meme. Investor kripto Miles Deutscher menilai perhatian besar yang mengarah pada AI ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Di tengah kontroversi yang sempat melanda akun ‘Terminal of Truths’ terkait kesalahan manusia pada platform AI, harga GOAT sempat turun 50%. Namun, setelah adanya klarifikasi, harga token kembali naik dan mencapai rekor tertinggi baru di level 0,67 dolar AS (Rp10.385) dengan kapitalisasi pasar sebesar 668 juta dolar AS (Rp10,35 triliun).

Momentum ini juga didorong oleh dukungan dari venture capitalist Marc Andreessen, yang baru-baru ini membahas potensi besar koin meme berbasis AI. Andreessen bahkan menyumbangkan 50.000 dolar AS (Rp775 juta) kepada akun ‘Terminal of Truths’ sebagai bagian dari upayanya untuk mendukung pertumbuhan koin meme AI seperti GOAT.