Bagikan:

JAKARTA – Keempat anggota misi Crew-8 telah mendarat di Bumi pada 25 Oktober lalu. Meski peluncurannya berjalan dengan lancar, salah satu astronot dikabarkan mengalami masalah medis.

NASA tidak menjelaskan siapa astronot yang perlu dirawat di rumah sakit dan apa masalah medisnya. Mengutip dari laporan Spacenews, lembaga antariksa AS itu menjelaskan bahwa, "(anggota kru) dalam kondisi stabil dan sedang menjalani observasi sebagai tindakan pencegahan."

Misi Crew-8 membawa Astronot NASA Matthew Dominick, Michael Barratt, dan Jeanette Epps serta kosmonot Roscosmos Alexander Grebenkin ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Maret lalu. Keempatnya mendarat di lepas pantai Pensacola, Florida.

Setelah pesawat antariksa Dragon milik SpaceX melakukan pendaratan, keempat astronot terlihat dalam kondisi baik sambil tersenyum dan melambaikan tangan ke tim yang menyambut. Seperti biasa, astronot yang baru kembali harus melakukan pemeriksaan medis.

Awalnya, Dominick dan ketiga rekannya melakukan pemeriksaan medis rutin pasca-penerbangan di kapal pemulihan SpaceX. Setelah itu, seluruh anggota dipindahkan ke rumah sakit untuk pemeriksaan tambahan. NASA mengatakan bahwa rujukan ini merupakan bentuk kehati-hatian.

Secara keseluruhan, NASA memang tidak menjelaskan kondisi medis anggota Crew-8 karena privasi medis. Namun, dijelaskan bahwa ketiga anggota diizinkan untuk pulang dan kembali ke Johnson Space Center, sedangkan satu astronot harus dirawat. 

Menurut kabar terbaru, astronot ini hanya menginap semalam dan diizinkan untuk pulang pada 26 Oktober. Setelah kru terakhir diizinkan untuk pulang, NASA mengungkapkan bahwa astronot tersebut sudah dalam kondisi yang lebih baik dan bisa melakukan pemulihan pasca-penerbangan bersama anggota kru lainnya.