Daftar 3 Fitur Keamanan Baru Whatsapp Terbaru dan Manfaatnya
Ilustrasi Whatsapp (dok. pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – WhatsApp nampaknya tak main-main melindungi para penggunanya. Hal itu terlihat dari beberapa fitur keamanan baru WhatsApp yang akan segera bisa dirasakan oleh para penggunanya. Dari pengumuman WhatsApp, ada tiga fitur yang akan segera dirilis untuk memperkuat keamanan sekaligus menjaga pivasi akun para penggunanya. Lalu, apa saja fitur keamanan WhatsApp terbaru?

Fitur Keamanan Baru Whatsapp

Fitur keamanan yang dirilis oleh WhatsApp berupa Perlindungan Akun, Verifikasi Perangkat, dan Kode Keamanan Otomatis. Ketiga fitur baru ini akan menambah keamanan para penggunanya. Berikut ini penjelasannya.

  1. Perlindungan Akun di Perangkat Baru

Keamanan WhatsApp akan memastikan Anda adalah pemilik yang sah akun saat berganti perangkat baru. Sistem akan melakukan verifikasi dari perangkat ponsel lama saat Anda memutuskan untuk ganti perangkat baru sebagai pemeriksaan tambahan.

Artinya ketika Anda login di perangkat baru, akan muncul verifikasi demi memastikan bahwa pemilik baru dan sebelumnya adalah sama. Fitur ini akan memberi peringatan saat ada percobaan ilegal dari perangkat asing saat mencoba mengakses akun Whatsapp Anda.

  1. Perlindungan Malware

Keberadaan malware bisa jadi salah satu ancaman terhadap privasi dan keamanan pemilik smartphone. Dampak malware bisa sangat berbahaya, bahkan mampu memanfaatkan perangkat ponsel tanpa izin pemilik salah satunya adalah mengirimkan pesan WhatsApp ke kontak tanpa sepengetahuan pemilik. Untuk menghinari hal tersebut, pihak WhatsApp menambahkan pemeriksaan tambahan.

Fitur ini mampu mencegah hal buruk yang ditimbulkan dari malware secara otomatis, sehingga pengguna tak perlu mengambil tindakan tambahan apapun.

  1. Kode Keamanan

Adanya fitur "Transparasi Kunci" pada WhatsApp bermanfaat untuk langkah verifikasi otomatis demi memastikan bahwa pengguna berada di jaringan yang aman. Ketika pengguna klik tab enkripsi, otomaatis obrolan pribadi jadi lebih aman.

Tujuan dari fitur ini adalah agar pesan benar-benar sampai ke penerima dengan semestinya sehingga tidak ada celah untuk disalahgunakan. Pembicaraan Anda melalui WhatsApp juga tidak rentan dengan isu kebocoran.

WhatsApp juga menekankan pentingnya mengamankan akun serta chat dengan langkah aktivasi verifikasi dua langkah (2FA) serta menggunakan fitur backup chat yang telah terenkripsi secara end-to-end.

"Berikut adalah tiga cara tambahan yang kami lakukan untuk membantu mengamankan akun Anda. Meskipun ada banyak cara yang dapat kami lakukan untuk menjadikan keamanan bagi semua orang, ada dua fitur yang dapat diaktifkan hanya oleh Anda: verifikasi dua langkah dan penggunaan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end,” tulis keterangan resmi WhatsApp.

“Jika Anda sudah menggunakan kedua fitur tersebut, beri tahu teman-teman Anda agar lebih banyak orang dapat memanfaatkan lapisan keamanan ini. Kami berharap para pengguna WhatsApp dapat menikmati peningkatan keamanan yang ditawarkan fitur-fitur ini. Nantikan juga lebih banyak pembaruan yang akan segera kami umumkan," sambungnya lagi.

Sebagai informasi, tiga fitur keamanan baru WhatsApp ini akan bisa dirasakan oleh seluruh pengguna WhatsApp baik Android maupun iOS dalam beberapa bulan ke depan. Untuk sementara, fitur ini akan tersedia khhusus WhatsApp versi beta tester dalam waktu dekat.

Selain terkait fitur keamanan baru Whatsapp, kunjungi VOI.ID untuk update berita terbaru.