Delegasi  Anggota Uni Eropa Bahas Kekhawatiran Privasi Terkait  Kecerdasan Buatan pada Pertemuan EDPB
Delegasi dari negara anggota Uni Eropa membahas masalah privasi yang terkait dengan ChatGPT. (foto; dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Delegasi dari negara anggota Uni Eropa membahas masalah privasi yang terkait dengan ChatGPT milik OpenAI dan sistem kecerdasan buatan lainnya dalam pertemuan Dewan Perlindungan Data Eropa pada hari Kamis, kata sumber dari salah satu negara anggota kepada Reuters.

Agenda EDPB untuk pertemuan tersebut diubah untuk mencantumkan diskusi ini di bawah "urusan lainnya", setelah Italia mengambil tindakan untuk membatasi ChatGPT dan permintaan dari Spanyol untuk membahas masalah tersebut pada awal minggu ini.

berdasarkan informasi yang diberikan bahwa Italia melakukan tindakan untuk membatasi penggunaan ChatGPT, kemungkinan ada kekhawatiran privasi yang mendorong Italia untuk mengambil tindakan tersebut.

Sementara itu, permintaan dari Spanyol untuk membahas masalah privasi yang terkait dengan ChatGPT menunjukkan bahwa mereka juga memiliki kekhawatiran serupa. Namun, tidak dijelaskan secara rinci tentang usulan yang mereka ajukan terkait chatbot kecerdasan buatan.

Italia  selama ini memiliki kekhawatiran terkait privasi dan telah menetapkan serangkaian persyaratan yang harus dipenuhi oleh OpenAI pada atau sebelum 30 April agar ChatGPT dapat kembali digunakan di Italia. Italia juga telah membatasi sementara pemrosesan data pribadi oleh ChatGPT dan melakukan penyelidikan terhadap dugaan pelanggaran aturan privasi.

Persyaratan dari Garante termasuk informasi yang harus diberikan oleh OpenAI kepada pengguna di Italia terkait dengan pengolahan data, memberikan alat untuk meminta koreksi atau penghapusan data pribadi, memungkinkan pengguna untuk menentang pemrosesan data pribadi, dan memperkenalkan sistem verifikasi usia. Kekhawatiran Italia terkait privasi memang memicu mereka untuk menetapkan persyaratan tersebut.