Bagikan:

JAKARTA - Microsoft baru saja mengambil langkah besar dengan mengizinkan integrasi ChatGPT langsung ke Windows melalui PowerToys Run untuk Windows 10 dan Windows 11.

Insinyur perangkat lunak Simone Franco berada di balik proyek yang dijuluki plugin ChatGPT untuk Microsoft PowerToys Run.

Plugin baru itu nantinya untuk memberikan akses langsung ke aplikasi besutan OpenAI tersebut tanpa harus menjalankan browser seperti Microsoft Edge terlebih dahulu.

PowerToys merupakan seperangkat utilitas sistem yang dibuat khusus untuk pengguna, dipopulerkan pada 1990-an. Salah satu utilitasnya adallah peluncur cepat di mana pengguna dapat mengakses aplikasi, folder, atau file dengan perintah sederhana.

Saat ini, fitur tersebut berfungsi dengan perintah Alt+Space standar, tetapi pengguna harus memasukkan tanda tanya ganda tambahan (??) sebelum kueri dan tanda tanya tunggal lainnya setelahnya, lalu pengguna juga harus menekan enter sebelum utilitas yang mengaktifkan chatbot dapat memproses permintaan.

Struktur itu kemungkinan besar akan diubah menjadi sesuatu yang lebih halus untuk produk akhir. Meskipun masih dalam tahap awal dengan banyak penyempurnaan, ini adalah alat menjanjikan di mana pengguna dapat langsung mengakses ChatGPT dari desktop.

Dengan begitu, pengguna tidak akan lagi melihat iklan besar yang terpampang jelas di dalam Microsoft Edge, yang memaksa pengguna menjadikan browser tersebut secara default. Mereka akan langsung melewati iklan dan menuju aplikasi yang diinginkan, dalam hal ini, ChatGPT.

Namun, alat ini belum sempurna, karena pengguna masih memerlukan akun OpenAI serta kunci OpenAI API yang dibuat secara acak, seperti dikutip dari Digital Trends, Kamis, 13 April.

Masih banyak tugas yang harus diselesaikan Franco, termasuk mencari tahu bagaimana pengguna dapat menyimpan kunci API OpenAI mereka di plugin, peningkatan untuk UI tampilan jawaban, dan aksi klik jawaban salin.