Bagikan:

JAKARTA - Microsoft baru saja membuat akses chatbot-nya, Bing tersedia untuk Windows 11. Pengguna yang ingin menjajalnya bisa melalui kotak pencarian taskbar.

Dengan pembaruan itu, alat berbasis Kecerdasan Buatan (AI) dari OpenAI tersebut bisa diakses dari kotak pencarian Windows, tempat di mana pengguna dapat mengakses file, pengaturan, dan melakukan kueri web secara langsung.

Saat ini, menurut Microsoft, kotak pencarian adalah salah satu fitur Windows terpopuler yang digunakan oleh lebih dari 500 juta pelanggan setiap bulannya.

"Sekarang ada titik masuk Bing langsung di Windows search home, memungkinkan Anda mengakses pengalaman obrolan baru dari Bing dengan cepat," kata Microsoft.

"Ketika Anda memulai kueri dengan pencarian Windows, Anda akan melihat opsi untuk melanjutkan pencarian Anda dengan Bing. Anda juga dapat melihat memutar konten yang disarankan di sorotan pencarian," imbuhnya.

Meskipun jawaban obrolan tidak akan tersedia secara langsung dalam kotak pencarian, pengguna Windows 11 akan dapat dengan cepat memulai obrolan Bing di Edge dari sini, asalkan mereka memiliki akses ke pratinjau Bing.

Dengan begitu, ratusan juta pengguna Windows 11 dapat mencari, mengobrol, menjawab pertanyaan, dan menghasilkan konten langsung dari taskbar Windows mereka.

Chatbot Bing juga dilengkapi dengan mode obrolan rahasia yang memungkinkan peralihan antara asisten pribadi, teman untuk membantu masalah pengguna, mode permainan untuk bermain gim dengan Bing, dan mode Bing Search default.

Perluasan obrolan Bing ke taskbar Windows 11 datang hanya seminggu setelah Microsoft meluncurkan mode yang sama ke Bing di seluler dan Skype.

Microsoft juga bersiap-siap untuk mendemonstrasikan AI seperti ChatGPT di aplikasi Office segera. Saat ini lebih dari satu juta orang menguji pratinjau Bing baru di 169 negara.

"Segera ratusan juta pengguna Windows 11 dapat memperoleh akses ke teknologi baru yang luar biasa ini untuk mencari, mengobrol, menjawab pertanyaan dan hasilkan konten langsung dari taskbar Windows mereka," ujar Kepala Bagian Produk Windows Panos Panay, dikutip Rabu, 1 Maret.

Pernyataan Panay menunjukkan Microsoft berencana untuk memperluas pratinjau Bing baru. Windows 11 juga mendapatkan peningkatan pada widget, mode sentuh yang lebih baik, fitur perekaman layar, tab di dalam Notepad dan banyak lagi.

Microsoft juga membuka pratinjau aplikasi Phone Link untuk iOS, yang berarti pengguna iPhone dapat menautkan perangkat mereka ke Windows.

Phone Link untuk iOS akan mencakup akses untuk mengirim serta menerima pesan, bahkan iMessage, panggilan, dan notifikasi.