HunyuanAide, <i>Chatbot</i> yang Tengah Dikembangkan oleh Tencent Holdings untuk Menantang ChatGPT
Ilustrasi chatbot yang gunakan artificial intelligence. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa internet China, Tencent Holdings, telah membentuk tim pengembangan untuk bekerja pada chatbot mirip ChatGPT. hal ini disampaikan dua orang sumber yang yang akrab dengan masalah tersebut.

Kemampuan ChatGPT dalam menciptakan teks yang masuk akal secara instan telah memicu minat global yang gila-gilaan terhadap teknologi di baliknya yang disebut AI generatif.

Meskipun OpenAI yang didukung oleh Microsoft yang tidak memungkinkan pengguna di China untuk membuat akun untuk mengakses chatbot, model AI terbuka di balik program tersebut relatif mudah diakses dan semakin banyak digunakan dalam aplikasi teknologi konsumen China.

Beberapa pesaing Tencent, termasuk Alibaba Group  dan Baidu Inc , juga telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan penawaran mereka sendiri.

Produk Tencent, yang akan disebut "HunyuanAide", akan menggabungkan model pelatihan AI perusahaan yang bernama "Hunyuan", menurut sumber yang tidak diizinkan untuk berbicara kepada media dan menolak untuk diidentifikasi.

Dalam keterangan yang diminta oleh Reuters, Tencent mengulangi pernyataannya pada 9 Februari bahwa perusahaan tersebut sedang melakukan penelitian mengenai teknologi ChatGPT.

Berita ini datang setelah Kementerian Sains dan Teknologi China mengatakan pada Jumat 24 Februari, bahwa mereka melihat potensi teknologi seperti ChatGPT dan akan mendorong integrasi kecerdasan buatan ke dalam masyarakat dan ekonomi China.

Menurut South China Morning Post, model AI Hunyuan milik Tencent pada November mencapai skor tertinggi pada Tes Evaluasi Pemahaman Bahasa China (CLUE) - serangkaian tugas yang digunakan untuk menilai kemampuan komputer untuk memahami dan merespons teks Cina.

Ini juga merupakan kali pertama sebuah model AI mencetak skor lebih tinggi dari manusia pada CLUE sejak tes tersebut dibuat tiga tahun yang lalu. Media lokal 36kr pertama kali melaporkan pembentukan tim "HunyuanAide".