Stanley Tjia Ungkap Pentingnya Sosok Wasit Esports di SEA Games Kamboja 2023
Technical Delegate di SEA Games Kamboja 2023,  Stanley Tjia (foto: Youtube PBESI)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak hanya pelatih dan atlet saja yang memiliki peran penting dalam setiap pertandingan esports di seluruh dunia, namun peran wasit juga sama pentingnya dengan elemen-elemen lain.

"Dulu perwasitan esports hampir tidak ada, jadi orang cuma cabutan saja, bahkan salah satu event besar seperti WCG, itu tidak ada delegasi teknis dan official, jadi semuanya hanya orang-orang yang jaga dan tau gim," Technical Delegate di SEA Games Kamboja 2023Stanley Tjia dalam wawancara terbarunya dengan PBESI.

Tugas dari Stanley sendiri adalah mempersiapkan segala macam hal-hal keperluan atlet, baik dari device handphone,  spek PC, dan juga menyesuaikan aturan-aturan yang dibuat oleh penyelenggara SEA Games.

Di sisi lain, Stanley juga mengungkapkan bahwa wasit memiliki tugas penting untuk menentukan standarisasi peraturan di event-event besar, baik itu dalam skala nasional maupun internasional.

"Kenapa perlu wasit dalam gim, karena perlu standarisasi segala macam aturan, entah itu standarisasi dari liga gim utama yang disesuaikan oleh setiap negara untuk event international," jelas Stanley. "Juga untuk membahas segala macam rules yang akan disesuaikan dengan jalannya event."

Stanley melanjutkan, bahwa wasit memiliki tingkatannya masing-masing seperti wasit pertandingan, wasit nasional, juri, atau technical delegate. Dan masing-masing tingkatan tersebut sangat diperlukan untuk menyesuaikan aturan pertandingan.

"Tugasnya bukan hanya menjaga, kita ada wasit gim, wasit nasional, ada juri, ada technical delegate juga. Jadi kita perlu semua tingkatan ini untuk menyesuaikan event-event yang diadakan di negara masing-masing, nasional atau internasional," sambungnya.

Sebagai informasi, Stanley Tjia merupakan seorang atlet esports bersertifikasi yang dikirimkan oleh Indonesia eSports Association (IESPA) untuk menjadi pengadil dalam beberapa pertandingan esports di SEA Games Manila 2019. Salah satu pencapaian Stanley yang yang pernah dicapainya adalah terpilih menjadi International Technical Officer (ITO) di SEA Games Hanoi 2022, dan kini menjadi Technical Delegate di SEA Games Kamboja 2023.