Timnas Indonesia Pastikan <i>Technical Pause</i> Tidak Akan Terjadi Lagi di SEA Games Kamboja
Timnas Indonesia di SEA Games 31 (foto: YouTube MPL ID)

Bagikan:

JAKARTA - Mengingat banyaknya masalah technical pause selama pertandingan final Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) di SEA GAMES 31 antara Indonesia dengan Filipina tahun lalu, wasit esports timnas Indonesia pastikan tidak terjadi lagi di Kamboja. 

Dalam final MLBB di Vietnam tahun lalu terjadi banyak technical pause. Namun, kapten timnas Indonesia, R7 telah mengonfirmasi masalah tersebut dalam salah satu siaran langsungnya di Instagram. 

R7 mengatakan bahwa technical pause yang terjadi karena ping, alias koneksi internet di sana cukup tinggi, yaitu berada di kisaran 30-40ms, sementara di Indonesia biasanya bermain dengan 1ms saja, sehingga mereka harus menggunakan VPN, yang menyebabkan permainan tidak optimal. 

Meski demikian, tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh tim Filipina, sehingga pertandingan berjalan dengan fair. 

Meskipun bukan suatu pelanggaran, masalah pause tersebut tampaknya membuat pemain maupun penonton tidak nyaman. Untuk itu, Stanley Tjia, selaku wasit esports timnas Indonesia dan juga technical delegates mengungkapkan tidak akan membiarkan hal itu terjadi lagi. 

"Badan timnas akan me-review semua technical hand book yang akan menjadi acuan pertandingan. Kami akan memastikan kejadian pause di SEA Games Vietnam tidak terulang kembali," kata Stanley mengutip instagram PBESI. 

Sementara itu, PBESI saat ini sedang dalam proses seleksi nasional (seleknas) untuk mencari atlet-atlet yang akan mewakili Indonesia yang akan berlaga di ajang SEA Games 32 di Kamboja.

Namun, PBESI telah mengungkapkan daftar lengkap nama-nama Pelatih terpilih yang dipercaya untuk membimbing Tim Nasional Esports Indonesia untuk 7 nomor pertandingan di SEA Games 2023:

  • Mobile Legends: Bang Bang (Pria) = Bjorn Ong a.k.a Zeys
  • Mobile Legends: Bang Bang (Wanita) = Tasia Eda Lestari a.k.a Tazy
  • PUBG Mobile (Squad 1) = Steven Valerian Danilo a.k.a S1NYO
  • PUBG Mobile (Squad 2) = Jendra Wahyudi a.k.a CAPT
  • PUBG Mobile (Solo) = Robby Mahardika Saputra a.k.a NATIC
  • Valorant = Baskoro Dwi Putra a.k.a roseau
  • Crossfire = Andrew Joseph a.k.a Bali