Google Minta Orang Tua Awasi Aplikasi yang Digunakan Anak
Tips menjaga keamanan anak di internet (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti yang kita tahu, tidak ada ruang aman di internet. Semua orang, baik dari yang tua hingga anak-anak bisa menjadi target serangan siber oleh orang tidak bertanggung jawab.

Terutama anak-anak, perlu pendampingan khusus dari orang dewasa untuk mengawasi apa saja yang mereka buka, dan apa saja yang mereka unduh di internet.

Untuk membuat internet menjadi tempat yang aman untuk anak-anak, dalam blognya, Google merekomendasikan beberapa tips yang bisa Anda coba ke anak atau adik Anda.

Bicaralah tentang aplikasi yang mereka gunakan

Sebagai orang dewasa, Anda harus mengenali aplikasi dan layanan yang digunakan anak-anak Anda.

Tanyakan kepada mereka aplikasi apa yang mereka gunakan, apa yang mereka sukai dari aplikasi tersebut, dan bagaimana mereka melindungi diri saat menggunakan aplikasi tersebut.

Ingat privasi

Privasi dan keamanan saling berhubungan, Anda tidak dapat memiliki privasi tanpa keamanan. Anda harus mengajari generasi muda bagaimana cara melindungi diri dari semua ancaman privasi dan keamanan.

Sebagai upaya perusahaan dalam menjaga keamanan pengguna anak-anak di platformnya, Google juga telah meluncurkan fitur pemfilteran SafeSearch, yang berfungsi untuk memburamkan konten eksplisit yang ada di pencarian Google secara otomatis.

Pemfilteran SafeSearch telah diaktifkan secara default untuk pengguna yang masuk di bawah 18 tahun.

Setelan ini akan menjadi default baru bagi orang yang belum mengaktifkan filter SafeSearch, dengan opsi untuk menyesuaikan setelan kapan saja.

Google juga telah meluncurkan meluncurkan daftar putar YouTube Anak berjudul 'Bangun Internet Lebih Aman'.

Di sana, Anda akan melihat konten yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang penggunaan teknologi yang aman, bertanggung jawab, dan positif untuk keluarga.