Bagikan:

JAKARTA – Pada Mei lalu, Google meluncurkan fitur School Time ke jam tangan pintar Fitbit Ace LTE untuk menghilangkan gangguan selama anak belajar. Kini, fitur tersebut akan diperluas ke lebih banyak perangkat.

Google mengumumkan School Time akan diluncurkan ke sejumlah ponsel Android, tablet, dan jam tangan pintar mulai tahun depan. Fitur ini juga akan tersedia di beberapa Samsung Galaxy Watch untuk membatasi notifikasi tanpa menghalangi komunikasi.

Saat mode School Time diaktifkan, perangkat yang dibawa ke sekolah akan memasuki layar beranda khusus dengan fungsi terbatas. Perangkat yang menggunakan mode ini bisa mengakses berbagai aplikasi yang diizinkan oleh orang tua.

"Orang tua dapat menjadwalkan dan memilih aplikasi mana yang diizinkan selama waktu sekolah di Family Link, aplikasi kontrol orang tua kami. Orang tua juga akan memiliki opsi untuk mengizinkan panggilan atau teks dari kontak tertentu," kata Google.

Meski tujuannya untuk mengurangi gangguan selama anak berada di kelas, fitur ini juga bisa diaktifkan saat anak berada di luar kelas. School Time bisa digunakan saat orang tua ingin anaknya fokus mengerjakan tugas atau beristirahat dari ponsel mereka.

Jika orang tua tidak ingin mengatur atau mengaktifkan mode School Time di luar kelas, mereka bisa mengontrol anak menggunakan mode Fokus. Mode ini bisa digunakan saat para orang tua tidak mengawasi perangkat anaknya melalui Family Link.

"Bagi remaja yang tidak diawasi oleh orang tua melalui Family Link, kami juga menawarkan mode Fokus pada perangkat Android untuk mencegah notifikasi dan membatasi gangguan selama periode waktu tertentu," jelas Google.