Bagikan:

JAKARTA - Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam pertumbuhan perekonomian nasional. Pada saat yang sama, Pemerintah terus menerapkan beragam strategi agar mendorong pertumbuhan sektor UMKM yang berbasis digital.

Oleh karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa Kementerian Kominfo akan menerapkan tiga kebijakan untuk mendorong digitalisasi UMKM agar membuka peluang perluasan akses pasar.

"Pertama memanfaatkan data dan teknologi untuk merancang strategi bisnis yang efisien. Kedua, pengembangan kecakapan digital pelaku UMKM. Dan ketiga, memanfaatkan platform digital untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih berkelanjutan," jelas Budi dalam rilisnya, dikutip Jumat, 2 Agustus.

Budi juga menyebutkan di mana Singapura telah membuat kebijakan untuk mendorong UMKM di era digital, melalui program S-M-E Going Digital atau Digital Leadership Program dan Better Data Driven Business untuk melatih pelaku UMKM dengan keterampilan digital dan strategi bisnis.

Selain itu, ada juga pemerintah India mendorong UMKM lokal berpartisipasi dalam manufaktur global melalui inisiatif Make in India, dan Uni Eropa yang memberikan akses pendanaan bagi pelaku UMKM, untuk mendorong pertumbuhan UMKM dan ekonomi nasional.

"Saya meyakini digitalisasi UMKM akan dapat meningkatkan produktivitas, inovasi serta meminimalisasi risiko fisik karena seluruh penyimpanan dapat dilakukan di layanan berbasis awan atau cloud," ujarnya.

Melalui program yang diinisiasi Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo yakni UMKM Level Up Tahun 2024, Menkominfo berharap pelaku UMKM dapat naik kelas dari sisi adopsi digital.