Bagikan:

JAKARTA - Melalui Program UMKM Level Up, yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wamenkominfo Nezar Patria menargetkan 30 ribu UMKM go digital pada 2024. 

”Di Indonesia telah ada 27 juta UMKM yang mengadopsi teknologi digital, ditargetkan angka ini akan meningkat menjadi 30 juta UMKM di Tahun 2024,” kata Nezar di Aceh melansir siaran resminya pada Selasa, 6 Agustus. 

Saat ini, Nezar mengatakan terdapat 67 persen pelaku UMKM masih berjuang untuk mempertahankan bisnis. Dan dengan adopsi teknologi digital, Nezar percaya bisnis bisa membuka berbagai peluang, memperluas akses pasar, serta meningkatkan produktivitas. 

Bahkan, Nezar menambahkan, teknologi digital ini dapat meminimalkan risiko fisik karena penyimpanan data di komputasi awan. 

“Maka salah satu fungsi dalam mengatasi tantangan ini adalah melalui adopsi teknologi digital, ini juga yang menjadi tema kita pada Workshop UMKM Level Up pada kesempatan kali ini,” ujarnya lebih lanjut. 

Bahkan, untuk mendorong UMKM go digital, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa Kominfo akan menerapkan tiga kebijakan untuk mendorong digitalisasi UMKM agar membuka peluang perluasan akses pasar. 

Pertama memanfaatkan data dan teknologi untuk merancang strategi bisnis yang efisien. Kedua, pengembangan kecakapan digital pelaku UMKM. Dan ketiga, memanfaatkan platform digital untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih berkelanjutan.