Bagikan:

JAKARTA - Melanjutkan wacana investasi NVIDIA di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa bos NVIDIA akan direncanakan hadir di Indonesia pada bulan September mendatang.

"Saya sudah kirim surat, semua (NVIDIA) rencananya akan datang (ke Indonesia) bulan September, membahas soal AI dan mungkin yang lainnya," kata Menkominfo Budi pada Rabu, 31 Juli di acara DTI-CX, JCC Senayan.

Kendati demikian, Budi belum dapat memastikan kapan tanggal pasti bos NVIDIA, Jen-Hsun Huang akan berkunjung. Yang pasti, Budi menegaskan bahwa kehadiran NVIDIA akan menumbuhkan iklim investasi di Tanah Air.

"Tunggu saja tanggalnya. Yang pasti ini akan menumbuhkan iklim investasi dan juga bagaimana proses digitalisasi Indonesia akan mengalami percepatan," sambung Budi kepada VOI.

Kabar investasi NVIDIA sudah diungkapkan oleh Menkominfo pada awal April lalu. Saat itu, Budi mengatakan bahwa NVIDIA dan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berencana untuk berinvestasi sebesar 200 juta dolar AS (Rp3 triliun) untuk pendirian pusat AI di Indonesia.

Budi juga menyebutkan, Indonesia AI Nation tersebut akan dibangun di Kota Solo, tepatnya di Solo Technopark. Karena menurutnya, Solo memiliki kesiapan baik dari segi sumber daya manusia maupun infrastruktur yang ada. 

"Tadi sudah bicara Dirut Indosat dan juga mas Gibran, kita akan coba eksekusi," ujar Budi lebih lanjut. "Ya nanti kita lihat (selain Solo), kamu mau daerah mana? Bali, Bandung."