Bagikan:

JAKARTA - - Apple telah mengumumkan bahwa fitur Emergency SOS via satelit kini tersedia di Jepang melalui pembaruan iOS 17.6 yang dirilis akhir Juli. Pelanggan di Jepang yang menggunakan iPhone 14 atau iPhone 15 kini dapat menggunakan Emergency SOS via satelit untuk menghubungi layanan darurat bahkan saat koneksi Wi-Fi atau seluler tidak tersedia.

Apple pertama kali memperkenalkan Emergency SOS via satelit pada tahun 2022 bersamaan dengan peluncuran model iPhone 14, tetapi fitur ini awalnya hanya tersedia di Amerika Serikat dan Kanada. Sejak saat itu, Apple telah bekerja untuk memperluas jangkauan fitur ini ke lebih banyak negara.

Di Jepang, ada beberapa nomor kontak darurat yang berbeda, dan semuanya dapat dihubungi melalui Emergency SOS via satelit, termasuk 119 untuk menghubungi layanan pemadam kebakaran dan ambulans, 110 untuk menghubungi polisi, dan 118 untuk menghubungi penjaga pantai.

Konektivitas satelit juga dapat digunakan untuk memperbarui lokasi di aplikasi Find My saat berada di luar jangkauan koneksi seluler atau Wi-Fi. Fitur ini bekerja untuk penduduk Jepang maupun pengunjung yang berada di negara tersebut.

Emergency SOS via satelit berfungsi melalui kemitraan dengan Globalstar, di mana model iPhone 14 dan iPhone 15 dapat terhubung ke satelit Globalstar di negara-negara yang sudah mendukung fitur ini. Layanan ini gratis selama dua tahun setelah mengaktifkan iPhone 14 atau iPhone 15. Apple belum mengumumkan harga untuk Emergency SOS via satelit setelah periode dua tahun tersebut berakhir.

Emergency SOS via satelit saat ini tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Inggris, Australia, Austria, Belgia, Italia, Luksemburg, Selandia Baru, Portugal, Swiss, Spanyol, dan Belanda.