Cara Kerja Layanan SOS Darurat via Satelit Milik Apple yang Meluncur Hari Ini
Apple meluncurkan fitur Emergency SOS (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini Apple resmi meluncurkan fitur yang bisa menyelamatkan penggunanya saat keadaan buruk, Emergency SOS atau SOS Darurat yang terhubung melalui satelit, dan fitur ini juga dihadirkan untuk seri iPhone 14.

Fitur SOS Darurat ini akan berguna ketika pengguna membutuhkan bantuan dan di luar jangkauan seluler, tetapi bisa melihat langit luas. Pengguna bisa mengirim pesan teks ke layanan darurat melalui satelit.

Perusahaan berharap layanan ini tidak perlu digunakan penggunanya, tetapi jika mereka terluka dan membutuhkan penyelamatan saat di hutan belantara, ini dapat membantu.

Layanan ini tersedia untuk pelanggan iPhone 14 dan gratis untuk dua tahun pertama. Mereka dapat melakukannya dengan mengarahkan ponsel mereka ke langit dan menghubungkan ke salah satu dari 24 satelit Globalstar di orbit rendah Bumi.

Selain itu, jika pengguna ingin meyakinkan teman dan keluarga tentang keberadaan mereka saat bepergian di luar jaringan, mereka sekarang dapat membuka aplikasi Find My dan membagikan lokasi mereka melalui satelit.

SOS darurat melalui satelit tersedia di AS dan Kanada, serta akan hadir di Prancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris pada Desember mendatang. Tidak diketahui pasti apakah Indonesia akan kedapatan layanan ini.

Menurut Apple, SOS Darurat melalui satelit dibangun di atas fitur penting yang sudah ada untuk pengguna iPhone, termasuk SOS Darurat, ID Medis, kontak darurat, dan berbagi lokasi Find My, menawarkan kemampuan untuk terhubung ke satelit untuk pendekatan yang lebih 360 derajat untuk berbagi informasi penting dengan keadaan darurat layanan, keluarga, dan teman.

Cara Kerja SOS Darurat Melalui Satelit

Sementara iPhone dapat menghubungi layanan darurat dengan cepat dan mudah jika pengguna membutuhkan bantuan, meskipun mereka tidak dapat menghubungi 911.

Dengan SOS Darurat melalui satelit diperkenalkan dengan jajaran iPhone 14, jika pengguna tidak dapat menghubungi layanan darurat karena tidak ada jangkauan seluler atau Wi-Fi yang tersedia, antarmuka yang mudah digunakan muncul di iPhone untuk membantu pengguna menggunakan koneksi satelit.

Kuesioner singkat muncul untuk membantu pengguna menjawab pertanyaan penting dengan beberapa ketukan sederhana, yang dikirimkan ke petugas operator dalam pesan awal, untuk memastikan mereka dapat dengan cepat memahami situasi dan lokasi pengguna.

Apple bekerja sama dengan para ahli untuk meninjau pertanyaan dan protokol standar guna mengidentifikasi alasan paling umum untuk memanggil layanan darurat.

Perlu dicatat, satelit bergerak cepat, memiliki bandwidth rendah, dan terletak ribuan mil jauhnya dari Bumi, sehingga perlu beberapa menit bahkan untuk mengirim pesan singkat. Dengan SOS Darurat via satelit, pengguna dapat mengirim dan menerima pesan hanya dalam waktu 15 detik dalam kondisi bersih

Jika Anda pemilik seri iPhone 14 dan telah memperbarui iOS, Anda harus membuka bagian SOS Darurat di Pengaturan untuk menemukan Demo.

Jika Anda menggunakan mode Demo, Anda tidak akan terhubung ke agen layanan darurat atau pusat relai yang sebenarnya, sistem perusahaan akan mengarahkan pengguna Demo ke server yang mengirimkan tanggapan terekam. Ini mencegah orang membebani pusat panggilan yang sebenarnya.

Apple tidak menyarankan pengguna untuk mencobanya sendiri, alih-alih, jika pengguna ingin tahu tentang antarmuka dan cara kerjanya, untuk itulah mode Demo ini dibuat. Demikian dikutip dari laman Apple, Rabu, 16 November.