Apple Segera Dapatkan Pasokan Chip dari Pabrik TSMC di Arizona
Apple dapat pasokan chip dari pabrik di Arizona. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA -  Apple sepertinya menjadi satu-satunya perusahaan teknologi yang tak terpengaruh resesi global. Pembuat iPhone ini  justru terlihat melakukan ekspansi dengan mempersiapkan untuk mulai mendapatkan chip untuk perangkatnya dari pabrik yang sedang dibangun di Arizona di Amerika Serikat.

Dilaporkan oleh Bloomberg News, Apple juga dapat memperluas pasokan chip dari pabrik di Eropa, merujuk pada pernyataan Chief Executive Officer Apple, Tim Cook, pada pertemuan internal di Jerman dengan karyawan teknik dan ritel lokal.  Apple sendiri menolak berkomentar ketika dihubungi oleh Reuters.

Menurut laporan tersebut, Cook kemungkinan merujuk pada pabrik Arizona yang akan dijalankan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), pembuat chip kontrak terbesar di dunia dan pemasok utama Apple selama ini.

Tahun lalu, TSMC mengatakan telah memulai pembangunan di sebuah lokasi di Arizona di mana mereka berencana menghabiskan 12 miliar dolar AS untuk membangun pabrik chip komputer, dan berencana untuk memulai volume produksi chip menggunakan teknologi produksi 5 nanometer pada tahun 2024.

Awal bulan ini, TSMC juga mengatakan sedang membangun gedung yang dapat berfungsi sebagai pabrik chip keduanya di Arizona.

Amerika Serikat telah mendorong perusahaan teknologi asing untuk memproduksi chip di dalam negeri dan secara aktif mendukung penelitian, pengembangan, dan manufaktur lokal setelah mengesahkan Undang-Undang CHIPS.