Bagikan:

JAKARTA - Apple kini memproduksi chip A16 di pabrik chip TSMC di Arizona, AS, menurut laporan terbaru. Meskipun tingkat keberhasilan produksi chip di AS belum setinggi di Taiwan, tingkat kualitasnya semakin mendekati standar yang sama. Namun, yang menjadi misteri adalah mengapa Apple masih memproduksi chip A16 baru ini dan perangkat apa yang akan menggunakan chip tersebut?

Menurut jurnalis Taiwan, Tim Culpan, pabrik TSMC di Arizona kini mulai memproduksi chip A16 menggunakan teknologi fabrikasi 5nm. Produksi dalam jumlah besar diperkirakan akan terjadi setelah tahap kedua dari fase pertama pabrik selesai pada pertengahan 2025.

Sementara itu, meskipun pabrik di Arizona awalnya diperkirakan akan kesulitan mencapai tingkat keberhasilan yang sama seperti di Taiwan, ternyata hasilnya cukup mengesankan, dengan peningkatan cepat yang diharapkan mencapai tingkat keberhasilan yang setara dalam beberapa bulan mendatang.

Untuk Apa Chip A16 Ini?

Pertanyaan besar yang muncul adalah, untuk produk apa chip A16 baru ini akan digunakan? Spekulasi saat ini mengarah pada iPhone SE 4 yang kemungkinan besar akan menggunakan chip ini. iPhone SE 4 diprediksi berbasis iPhone 14, yang berarti model ini akan meninggalkan tombol Home dan mengadopsi desain layar penuh seperti iPhone modern lainnya.

Namun, Apple biasanya memberikan iPhone SE chip yang sedang digunakan pada model iPhone non-Pro terbaru. Karena iPhone 14 Pro tidak mendukung fitur AI terbaru dari Apple, aneh rasanya jika perusahaan meluncurkan ponsel baru yang tidak mendukung fitur tersebut, bahkan untuk model entry-level.

Ada kemungkinan bahwa desain chip A16 ini akan dimodifikasi agar mampu menjalankan fitur AI jika diberikan peningkatan pada RAM-nya. Alternatif lain yang kurang mungkin adalah produksi ini hanyalah tes untuk rencana jangka panjang Apple dalam membawa lebih banyak produksi chip ke AS, meskipun ini akan menjadi eksperimen yang sangat mahal untuk chip yang dianggap sudah ketinggalan zaman.

Terlepas dari spekulasi ini, langkah Apple untuk memproduksi chip di AS menjadi bagian dari upaya yang lebih besar untuk mendiversifikasi rantai pasokan dan meningkatkan kemampuan manufaktur di dalam negeri.