Bagikan:

JAKARTA- Jika Anda tidak meng-upgrade ponsel setiap tahun dan berencana membeli iPhone 16, seorang pembocor informasi dengan rekam jejak yang solid, baru saja memberikan alasan yang mungkin lebih baik untuk menunggu peluncuran iPhone 17.

Menurut postingan mereka di Weibo, iPhone 17 akan dilengkapi dengan 12GB RAM, lebih besar dibandingkan 8GB pada lini iPhone 16, yang diisyaratkan akan memberikan manfaat signifikan ketika menggunakan fitur Apple Intelligence.

Pengguna Weibo yang dikenal sebagai "Mobile phone chip expert" melaporkan:

"Jika Anda ingin beralih ke iPhone dengan kemampuan AI, mungkin iPhone 17 tahun 2025 adalah pilihan yang baik. iPhone 16 tahun ini hanya memiliki 8GB memori internal, terutama untuk AI berbasis cloud. iPhone 17 tahun depan akan memiliki 12GB memori internal, dan ada lebih banyak aplikasi AI di perangkat."

Apple secara bertahap meningkatkan kapasitas RAM. Semua model iPhone 14 memiliki 6GB RAM, baik Pro maupun tidak. Untuk iPhone 15, model dasar dan Plus didukung oleh chip A16 Bionic dari model Pro tahun sebelumnya, dan tetap menggunakan 6GB RAM. Dua model Pro tidak hanya mendapatkan chip A17 Pro, tetapi juga melihat RAM mereka ditingkatkan menjadi 8GB.

Menariknya, hanya dua model Pro yang mampu menjalankan Apple Intelligence, yang kemungkinan disebabkan oleh kombinasi kekuatan prosesor dan RAM. Hal ini didukung oleh fakta bahwa semua empat model iPhone 16 diperkirakan akan mendapatkan 8GB RAM.

AI Akan Ditingkatkan Tahun Depan

MPCE mengisyaratkan bahwa pergeseran ke 12GB RAM disebabkan oleh rencana Apple untuk mendukung lebih banyak fitur Apple Intelligence di perangkat, dengan lebih sedikit fungsi yang bergantung pada pemrosesan cloud.

Jika iPhone 17 dapat menjalankan lebih banyak fungsi AI secara lokal, sementara iPhone lainnya harus menggunakan server Private Cloud Compute (PCC) Apple, ini bisa membuat model tahun depan lebih cepat dalam menggunakan beberapa fitur Apple Intelligence, serta lebih aman.

"Mobile phone chip expert" memiliki rekam jejak terbatas tetapi baik dalam hal rencana chip Apple. Mereka yang pertama kali mengungkapkan bahwa prosesor A16 akan eksklusif untuk dua model iPhone 14 Pro, dan baru-baru ini bahwa Apple sedang mengembangkan chip 3nm sendiri untuk server AI-nya. Ini berarti bahwa saran bahwa iPhone tahun depan akan mendapatkan 12GB RAM harus dipertimbangkan dengan serius.

Apakah hal itu memiliki implikasi signifikan untuk Apple Intelligence masih bersifat spekulatif. Pembocor ini jelas memiliki visibilitas ke dalam rantai pasokan Apple, tetapi itu tidak akan memberi tahu mereka mengapa perubahan tertentu sedang dilakukan.

Meski begitu, ini tampaknya teori yang solid, dan konsisten dengan preferensi Apple untuk pemrosesan di perangkat bila memungkinkan, serta petunjuk kuat bahwa RAM adalah faktor penting dalam menjalankan Apple Intelligence.

Tentu saja, akhirnya semuanya tergantung pada seberapa lama Anda bersedia menunggu untuk mendapatkan akses ke Apple Intelligence. Jika Anda saat ini tidak memiliki iPhone 15 Pro atau Pro Max, maka Anda perlu meng-upgrade tahun ini kecuali Anda bersedia menunggu 12 bulan lagi. Namun, mengingat bahwa kita tidak mengharapkan Siri baru diluncurkan hingga tahun depan, menunggu hingga September mendatang mungkin tidak terlalu menyakitkan.