Bagikan:

JAKARTA – Setelah mendesain ulang bilah bagian bawah di Android dan iOS, Google Maps memperbarui warna dan bentuk pin di petanya. Desain ulang ini mulai diluncurkan pada Selasa, 27 Agustus.

Beberapa pengguna mungkin tidak menyadari perubahan ini. Dilansir dari 9to5google, bentuk pin yang mirip dengan logo Maps sudah tidak dipakai lagi sebagai penanda tempat. Sebagai gantinya, Maps menggunakan pin yang lebih pendek dan lebih bulat.

Pin ini menggunakan latar belakang berwarna putih, sedangkan di bagian dalamnya terdapat ikon lingkaran yang menunjukkan ikon tempat. Masih sama seperti sebelumnya, ikon ini memiliki warna yang berbeda untuk membedakan tempat yang ingin dituju.

Meski ikon kategorinya tidak mengalami perubahan, Google mengganti beberapa warna pada ikon pinnya, salah satu contohnya adalah museum. Sebelumnya, ikon museum dihiasi dengan latar belakang berwarna hijau, tetapi kini warnanya menjadi ungu.

Selain itu, Google juga memperhalus warna di beberapa kategori pin. Seperti ikon untuk kebun binatang misalnya, warna pin untuk kategori ini menjadi lebih halus dan redup dibandingkan sebelumnya. Pin ini masih menggunakan warna hijau.

Berkat perubahan ini, tampilan Maps tidak begitu menonjol karena pin kategori tempatnya sudah diperkecil. Namun, sisi baiknya, pengguna tidak perlu memperbesar layar terlalu banyak karena tampilan petanya terlihat lebih jelas secara keseluruhan.

Perubahan ikon dan warna pada kategori pin ini diluncurkan dalam sisi server di iOS, Android, dan situs web Maps. Jika pengguna ingin melihat pembaruan ini, mereka tidak perlu memperbarui aplikasi karena tampilan terbarunya sudah langsung tersedia.