Bagikan:

JAKARTA – Google Maps menampilkan denah virtual saat pengguna ingin mengunjungi tempat tertentu. Aplikasi ini juga menyediakan fitur navigasi suara untuk mempermudah pengguna saat sedang berkendara.

Navigasi suara akan berperan sebagai asisten. Selama perjalanan, fitur ini akan mengarahkan pengguna sesuai dengan tampilan denah virtual yang terlihat di layar. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna bisa fokus dalam berkendara.

Mengingat pentingnya fitur ini, Anda mungkin akan sangat terganggu jika navigasi suara tidak berfungsi. Jika hal ini sedang terjadi di Google Maps Anda, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikin, dikutip dari Makeuseof.

Aktifkan Navigasi Suara

Navigasi suara yang tidak berfungsi di Google Maps mungkin terjadi karena fiturnya dinonaktifkan tanpa sadar. Jika hal ini terjadi, Anda harus mengaktifkan fiturnya lagi dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Google Maps.
  2. Ketuk ikon profil Anda di sudut kanan atas.
  3. Buka Pengaturan, lalu ketuk Setelan Navigasi.
  4. Di bagian Sound and Voice, pilih opsi Tidak Bisukan dan Normal.

Matikan Mode Senyap

Tindakan berikutnya yang memengaruhi matinya navigasi suara adalah mode Jangan Ganggu (DND) yang dihidupkan. Untuk memunculkan kembali suaranya, matikan mode DND dan naikan volume ponsel hingga suara dari aplikasi cukup terdengar.

Pastikan juga Anda memiliki jaringan internet atau sedang menggunakan koneksi internet. Meskipun beberapa petunjuk arah bisa diunduh untuk diakses secara offline, fitur ini mungkin menyebabkan navigasi suara tidak muncul.